Rabu, September 18, 2024
BerandaPendidikanSemarak 1 Muharram: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Meriahkan Tahun Baru Muharram...

Semarak 1 Muharram: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Meriahkan Tahun Baru Muharram 1446H di Kelurahan Banjardowo 

SIGIJATENG.ID – Mahasiswa KKN UIN Walisongo MIT MB Posko 29 ikut berpartisipasi pada acara peringatan malam 1 muharram 1446 H pada (6/7) bersama warga RT 002 RW 02 Kelurahan Banjardowo yang berlokasi di rumah ketua RT.

1 Muharam merupakan acara rutinan yang dilakukan warga setempat setiap tahunnya. Warga setempat sangat antusias dalam memeriahkan acara malam 1 muharram 1446 H dilihat dari jumlah warga yang hadir yaitu mencapai 100 orang.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua RT 002 Kelurahan Banjardowo Genuk Kota Semarang Asmuri. Dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Ustadz Sugiyo, kepala SMA 08 Semarang..
“Perbanyak istighfar pada malam 1 Muharam untuk mencegah kemungkaran dan perintah Allah untuk mengikuti ajaran nabi dalam mengajarkan agama Islam,” jelas pak Sugiyo.

Tujuan acara ini adalah bentuk syukur atas pergantian tahun baru Islam serta untuk mempererat kerukunan antar warga setempat. “Setiap warga berinisiatif membayar iuran sebesar 35 ribu dan membawa beras sebanyak 5 Kg per-KK,” ujar Sri Murprihartini, istri ketua RT 002. Dari ucapan tersebut kita dapat mengetahui eratnya kerukunan antar warga RT 002 RW 02 Kelurahan Banjardowo.

Adanya peringatan malam 1 Muharam ini mengajarkan kita akan pentingnya kerukunan antar sesama manusia dan juga mengingatkan kita akan hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah serta perjuangan-perjuangan Rasul lainnya dalam penyebaran agama Islam hingga saat ini.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Pak Sugiyo kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Harapan dari adanya peringatan 1 Muharam ini agar kita sebagai umat muslim dapat melanjutkan dakwah yang Rasulullah SAW lakukan untuk terus semangat dalam menegakkan ajaran Islam. (tim kkn uin ws/*)

Baca Berita Lainnya

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments