Omicron Siluman ‘Varian Son of Omicron’ Telah Mendominasi di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Biro Pers Setpres RI)

Jakarta (Sigi Jateng) – Varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 Omicron BA.2 yang disebut sebagai ‘Omicron siluman’ atau juga ‘Son of Omicron’ telah mendominasi di wilayah Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada saat jumpa pers secara virtual, di Jakarta, Senin (14/3).

“Hasil genome terakhir dalam dua bulan lebih kita sudah melakukan 8.032 genome di akhir BA.2 sudah dominan di Indonesia,” kata Menkes Budi Gunadi.

Selain di Indonesia, Budi menyebut BA.2 menunjukkan lonjakan kasus yang signifikan di tiga negara lain yakni Inggris, Korea Selatan dan Hongkong. “Khusus Hongkong terjadi tingkat kematian tinggi,” ujarnya.

Tingginya tingkat kematian akibat virus BA.2, lanjut Budi, disebabkan karena vaksinasi lansia dua dosis atau lengkap untuk golongan lansia masih rendah yaitu 26 persen.

“Dan hampir seluruh kematian di Hongkong itu terjadi di lansia,” jelasnya.

Budi berharap kasus Covid-19 di Indonesia tidak mengalami kenaikan kembali.

Diketahui, kasus positif Covid-19 di Indonesia per Senin (14/3) bertambah 9.629 kasus. Tambahan tersebut membuat total kasus di Indonesia mencapai 5.900.124 kasus sejak awal pandemi.

Satgas Pengendalian Covid-19 turut mencatat sebanyak 271 pasien meninggal hari ini, membuat total angka kematian mencapai 152.437 orang.

Sementara itu total kasus sembuh mencapai 5.434.729 pasien, setelah penambahan kasus sembuh sebanyak 39.296 orang pada hari ini. (Dye)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini