Upacara Dies Natalis ke-37 USM: Momentum Refleksi dan Harmoni

SEMARANG (sigijateng.id) – Universitas Semarang (USM) merayakan Dies Natalis ke-37 dengan upacara yang berlangsung di Auditorium Ir. Widjatmoko pada Selasa, 25 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P. Hadi MES PhD, mengungkapkan rasa bangganya terhadap capaian USM selama ini.

“Menghadapi berbagai tantangan tidaklah mudah, namun USM telah mencapai banyak prestasi yang patut dibanggakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Perguruan tinggi bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga sebagai pusat pemikiran untuk mengatasi persoalan lokal, regional, nasional, maupun global,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prof Sudharto menekankan pentingnya orientasi pada kinerja utama.

“Sejak tahun 2022, semua kegiatan di USM harus berorientasi pada Indeks Kinerja Utama yang mencakup Tri Dharma perguruan tinggi: pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

“Setiap langkah dosen harus berorientasi pada prinsip ‘money follows program’,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Rektor USM, Dr Supari ST MT, juga menyampaikan kebanggaannya terhadap perkembangan USM selama 37 tahun.

“USM selalu berpikir terbuka, adaptif, dan bergerak lincah menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi,” katanya.

“Upaya-upaya internal USM terus dilakukan untuk mengevaluasi dan memodifikasi pola pikir serta struktur organisasi, mengembangkan sistem informasi terpadu, dan menjalin kemitraan baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Dr Supari menekankan pentingnya integritas dalam menjalankan setiap program dan kegiatan di USM.

“Dengan sistem informasi terpadu, warga USM dapat dengan mudah mengakses data secara paperless mengenai serapan anggaran, pendapatan, dan perkembangan jumlah mahasiswa,” jelasnya.

“Hal ini mengingatkan kita untuk tidak hanya merapikan penampilan luar, tetapi juga memperhatikan substansi internal,” tegasnya.

“Melalui dukungan media seperti Newspool, Radio USM, dan USM TV, berbagai aktivitas dan capaian USM dapat diketahui oleh masyarakat luas. Tiada hari tanpa berita baik tentang USM,” tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Dies Natalis USM ke-37 sekaligus Kepala Satuan Humas USM, Dr. Wyati Saddewisasi SE MSi, dalam sambutannya mengungkapkan, “Dies Natalis Universitas Semarang jatuh pada tanggal 23 Juni setiap tahunnya. Tahun 2024 ini, USM memperingati dies natalis yang ke-37,” ujarnya.

“Melalui berbagai kegiatan yang melibatkan keluarga besar Universitas Semarang dan masyarakat umum di sekitar lingkungan kampus, diharapkan dapat menciptakan kondisi yang lebih harmonis di antara warga Universitas Semarang sekaligus dengan warga sekitar,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya keharmonisan dalam bekerja.  “Keharmonisan dalam bekerja penting untuk menciptakan suasana belajar yang produktif dan positif,” ujarnya.

“Dengan demikian, Universitas Semarang dapat semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai visi dan misi Universitas Semarang,” pungkasnya. (aris)

Berita Terbaru:

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini