Menembak Online JOSS 2020 Putaran Ketiga Perbakin Jateng Digelar Sabtu Besok

SEMARANG (SigiJateng)  – Pengprov Perbakin  (Persatuan Menembak Indonesia) Jawa Tengah menggelar kejuaran olah raga menembak online putaran ketiga nomor target besok Sabtu- Minggu (17-18/10/2020). Kejuaran bertitel Jateng Online Shooting Series (JOSS) 2020 ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari Jawa Tengah saja, namun juga nasional.

Wakil Ketua Panitia Kegiatan Bagus Harjono Jw mengatakan, JOSS 2020 putaran pertama dan kedua sudah digelar 20-21 Juni dan 15-16 Agustus 2020 lalu. Selanjutnya  putaran ketiga digelar Sabtu dan Minggu besok. Ada sepuluh nomor yang diperlombakan dalam kejuaraan ini, namun yang masuk dalam peringkat series ada empat yakni 10 meter Air Pistol dan Rifle Women serta 10 meter Pistol dan Rifle Men.

“Karena sistem online, tempat (menembak) dibagi ke dalam beberapa tempat (cluster) di beberapa daerah yang punya fasilitas menembak target. Selain di Semarang ada di Surabaya, Malang, Bandung Jakarta dan lain-lain. Tapi pusatnya di sini, di Lapanga Tembak Target Jatidiri Semarang,” kata pria yang akrab disapa Bonnie  saat jumpa pers di Lapangan Tembak Target Jatidiri, Kamis (15/10).

Hadir dalam acara jumpa pers Wakil Ketua  Umum I Perbakin Jateng Helly Sulistiyanto, Wakil Ketua Umum II Hartono Ludy, Sekum Mugiyo Hartono, Ketua Bidang Humas   AGung Wahono, Wakil Ketua Bidang Humas Darjo Soyat, dan lain-lain.

Masing-masing cluster, kata dia, diawasi oleh juri sehingga terjaga keabsahan hasilnya. Nantinya, hasil petembak di cluster-cluster tersebut dikirimke panitia yang ada di Lapangan Tembak Jatidiri Semarang. “Harus ada jurinya. Kalau tidak ya tidak sah,” katanya.

Dia berharap, petembak Jateng bisa tampil maksimal dan bisa menembus 10 besar klasemen series.

Salah satu petembak Jateng yang diandalkan yakni Ricky Gondoatmodjo. Dia mempunya peluang besar untuk menempati peringkat pertama 10 meter Air Rifle Man.

“Kejuaraan JOSS 2020 ini menguataman kejujuran, sportivitas dan performence. JOSS 2020 putaran keempat akan digelar  pertengahan Desember,” kata dia.

Selain nomor target, Perbakin Jateng juga menggelar lomba nomor tembak reaksi IPSC Level II secara online pada 31 Oktober mendatang. Wakil Ketua I Perbakin Jateng Hartono Ludy menjelaskan, peserta melakukan tembakan di masing-masing wilayah seperti Surabaya, Makassar, DKI Jakarta, Bali, Palembang, Yogyakarta, Solo,dan Bandung.

“’Sama seperti nomor target, hasil tembakan peserta dikirim ke panpel di Kota Semarang dan dinilai siapa yang terbaik di masing-masing divisi dan grade,” jelas dia.

Wakil Ketua I Perbakin Jateng Helly Sulistiyanto mengatakan, meski masa pandemi tak mengurangi semangat untuk melakukan pembinaan. Karenanya, semua kejuaraan juga digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

”Kejuaraan tembak secara online ini terobosan baru saat pandemi Covid-19. Antusias petembak daerah sangat bagus. Dilihat dari jumlah peserta yang meninggkat tiap serinya,” jelas Helly. (Aris)

Berita lainnya:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here