7 Manfaat Sholat Tahajud, Pengertian, Tata Cara Melaksanakan dan Niatnya

Ilustrasi

SIGIJATENG – Kita sudah tidak asing dengan sholat tahajud. Namun banyak diantara kita yang belum mau menjalankan sholat ini. Kalaupun sudah, mungkin belum istiqomah. Beruntung dan berbahagialah bagi Anda yang bisa istiqomah menjalankan sholat tahajud ini.  Semoga mendapat Ridho Allah.

Apa itu Sholat Tahajud?

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Secara definisi dalam Islam, shalat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur.

Kapan Waktunya?

Shalat tahajud bisa dikerjakan dalam kurun waktu setelah ba’da shalat isya hingga menjelang subuh. Akan tetapi, dianjurkan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu sepertiga malam. Kata kuncinya, dilakukan setelah tidur meski sebentar, jika dilakukan sebelum tidur namanya sholat qiyamul lail.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, “Shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam.” Banyak keistimewaan yang didapat setiap muslim apabila mau mengamalkan shalat tahajud.

Bagaimana niat Sholat Tahajud?

Pada dasarnya niat itu di hati, dan tidak harus diucapkan. Namun juga tidak apa-apa kalau diniatkan. Niat juga tidak harus menggunakan bahasa Arab. Gunakan bahasa sebisa Anda. Namun jika merasa mantap dengan bahasa Arab, jangan lupa, pahami arti dan maksudnya kalimanya.

–أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya: Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala

Tata cara sholat tahajud?

Tata cara sholat tahajud pada dasarnya sama dengan sholat sunnah pada umumnya.

Sebelum sholat disyaratkan suci dari hadats kecil (wudhu) dan hadats besar; suci badan, pakaian dan tempat dari najis; menutup aurat; dan menghadap kiblat.

Dalam Fiqih Sunnah dijelaskan, hendaklah sebelum tidur berniat untuk bangun sholat tahajud sehingga jika ia tertinggal (tidak bisa bangun), tetap mendapat pahalanya.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, sebelum memulai sholat tahajud, disunnahkan untuk memakai siwak. Juga disunnahkan mengawalinya dengan dua rakaat ringan.

Ini sholat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Para ulama berbeda pendapat mengenai batasan jumlah rakaatnya.

Rasulullah terkadang melaksanakan 11 rakaat termasuk witir dan terkadang 13 rakaat termasuk witir.

Apa manfaat Sholat Tahajud?

Simak 7 (tujuh) manfaat sholat tahajud yang harus Anda ketahui.

Pertama: Mengangkat Derajat

Setiap muslim yang mengamalkan sholat tahajud, maka drajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, “Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79).

Kedua: Doa Akan Dikabulkan Allah SWT

Melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

Ketiga: Menentramkan Hati dan Pikiran

Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan sholat tahajud. Pasalnya melakukan sholat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, “Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya.” (HR. Muttafaqun’alaih).

Keempat: Menjaga Kesehatan Pernapasan

Sholat tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani, salah satunya dapat mencegah infeksi pernapasan. Sholat tahajud bisa menjadi terapi untuk setiap muslim yang memiliki masalah dengan pernapasan. Selain itu, sholat tahajud juga efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Kelima: Menjaga Kesehatan Rohani

Melaksanakan sholat tahajud yang dilakukan secara istiqamah juga dapat menjaga kesehatan rohani. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan mental. Pasalnya seseorang yang selalu mengerjakan shalat tahajud akan merasakan ketentraman dan ketenangan jiwa.

Allah SWT telah berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kara yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al- Furqan:63-64).

BACA BERITA LAINNYA

Keenam: Jembatan Masuk Surga

Sholat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga sholat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Ketujuh: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sholat tahajud lainnya ialah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, maka dapat dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Wallahu A’lam Bisshowab. (aris)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here