Diikuti 396 Perserta, Menembak JOSS 2020 Seri Ketiga Perbakin Jateng Terapkan 3M

Peserta Jateng Online Shooting Series (JOSS) 2020 seri ketiga di Lapangan Tembak Jatidiri Semarang, Minggu (18/10/2020).

SEMARANG (SigiJateng)  – Event olah raga menembak online putaran ketiga nomor target Pengprov Perbakin Jateng diikuti oleh 396 peserta dengan menerpakan protocol kesehatan ketat.

Event olah raga bertitel Jateng Online Shooting Series (JOSS) 2020 seri ketiga ini digelar dua hari, Sabtu dan Minggu (17-18/10/2020), dengan agenda hari Sabtu untuk latihan atau pemanasan, hari Minggu pelaksanaan lomba.

Pelaksanaan lomba dipusatkan di lapangan tembak Tembak Target Jatidiri Semarang untuk peserta dari Jawa Tengah sedang peserta dari luar Jawa Tengah dilakukan di tempatnya masing-masing, termasuk peserta dari luar negeri.

Wakil Ketua Bidang Humas Darjo Soyat, mengatakan sebanyak 396 peserta  itu berasal dari dalam negeri dan luar negeri.  Peserta dari luar negeri yaitu dari Malaysia 9 orang (atlet nasional Malaysia), India 19 orang dan dan Bangladesh 3 orang.

“Untuk pelaksanaan di Jatidiri Semarang, dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama mulai jam 09.00, gelombang kedua pukul 11.10 dan gelombang ketiga pukul 13.30,” kata Darjo Soyat, dalam riliesnya, Minggu (18/10/2020).

BACA JUGA : Besuk Digelar Menembak Online JOSS 2020 Putaran Ketiga Perbakin Jateng

Sebelumnya,  saat jumpa pers, Kamis (15/10/2020), Wakil Ketua Panitia Kegiatan Bagus Harjono Jw mengatakan, JOSS 2020 putaran pertama dan kedua sudah digelar 20-21 Juni dan 15-16 Agustus 2020 lalu. Pada putaran (seri) ketiga ini ada sepuluh nomor yang diperlombakan dalam kejuaraan ini, namun yang masuk dalam peringkat series ada empat yakni 10 meter Air Pistol dan Rifle Women serta 10 meter Pistol dan Rifle Men.

“Karena sistem online, tempat (menembak) dibagi ke dalam beberapa tempat (cluster) di beberapa daerah yang punya fasilitas menembak target. Selain di Semarang ada di Surabaya, Malang, Bandung Jakarta dan lain-lain. Tapi pusatnya di sini, di Lapanga Tembak Target Jatidiri Semarang,” kata  pria yang akrab disapa Bonnie  ini.

Masing-masing cluster, kata Bonnie, diawasi oleh juri sehingga terjaga keabsahan hasilnya. Nantinya, hasil petembak di cluster-cluster tersebut dikirimke panitia yang ada di Lapangan Tembak Jatidiri Semarang. “Di setiap cluster harus ada jurinya. Kalau tidak ya tidak sah,” katanya.

Dia berharap, petembak Jateng bisa tampil maksimal dan bisa menembus 10 besar klasemen series.

Salah satu petembak Jateng yang diandalkan yakni Ricky Gondoatmodjo. Dia mempunya peluang besar untuk menempati peringkat pertama 10 meter Air Rifle Man.

“Kejuaraan JOSS 2020 ini menguataman kejujuran, sportivitas dan performence. JOSS 2020 putaran keempat akan digelar  pertengahan Desember,” kata dia.

Berita Lainnya:

Wakil Ketua I Perbakin Jateng Helly Sulistiyanto menyatakan, meski sedang pandemi tak mengurangi semangat untuk melakukan pembinaan. Karenanya, semua kejuaraan juga digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, termasuk event ini.

”Kejuaraan tembak secara online ini terobosan baru saat pandemi Covid-19. Antusias petembak daerah sangat bagus. Dilihat dari jumlah peserta yang meninggkat tiap serinya,” jelas Helly. (Aris)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini