Rabu, September 18, 2024
BerandaUncategorizedPerkenalkan Berbagai Museum Lewat Jelajah Museum

Perkenalkan Berbagai Museum Lewat Jelajah Museum

SALATIGA (sigijateng.id) – Kepala Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Sugiharto mengatakan, kegiatan Jelajah Museum yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Salatiga untuk mengajak para siswa dan masyarakat untuk melihat berbagai museum yang ada di Indonesia dalam satu ruangan.

“Keberadaan museum-museum ini dapat memberikan pengetahuan dan literasi, tentang dulu, sekarang, kekinian dan yang akan datang melalui dinding-dinding pameran di museum,” kata Sugiharto saat membuka kegiatan Jelajah Museum di SMAN 2 Salatiga, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan selama dua hari (12-13/9) ini diikuti oleh enam museum di Indonesia yaitu Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Museum Pers Nasional Solo, Museum Penerangan Kominfo Jakarta, Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Museum Geologi Bandung dan Museum Akpol Semarang.

Sugiharto mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jateng menambahkan, dari museum tersebut dapat diambil nilai-nilai budaya, diantaranya jangan sekali-kali melupakan sejarah, juga sekaligus untuk memperkuat jati diri bangsa.

“Jadi jangan dikira museum itu jadul ( kuno), karena saat ini museum-museum sudah keren dan bagus, sudah inovatif dan digitalisasi sudah masuk semua. Silahkan datang ke museum, ajak teman atau keluarga,” katanya.

Sugiharto mewakili Kadis Pendidikan Jawa Tengah juga mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada SMAN 2 Salatiga yang sudah memfasilitasi kegiatan Jelajah Museum Ranggawarsita ini dengan sangat baik.

Sementara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Agung Wijayanto menambahkan, keberadaan Jelajah Museum ini memudahkan para siswa dan masyarakat untuk melihat berbagai museum yang ada di Indoensia.” Tidak harus ke Bandung atau Bogor, untuk melihat museum geologi atau museum tanah/pertanian, karena bisa dilihat di SMA Negeri 2 Salatiga ini,” kata Agung.

Agung juga berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan masyarkat lainnya seoptimal mungkin.” Anak-anak bisa kita ajak ke sini untuk memahami museum sekaligus penguatan literasi bagi semua,” kata Agung di SMAN 2 Salatiga.

Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Salatiga Tentrem Lestari mengatakan, Jelajah Museum yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ini untuk mengenalkan potensi museum kepada para siswa dan masyarakat umum.
“ Museum Jelajah ini semakin mengenalkan bahwa museum sekarang ini tidaklah jadul lagi, sudah dikemas kekinian, tidak hanya menyimpan benda kuno, namun juga menjadi tempat edukatif, beraktifitas secara kreatif, termasuk kegiatan seni, sehingga bisa memotifasi untuk berkunjung ke museum,” kata Tentrem Lestari.

Dikatakannya, upaya yang perlu dilakukan saat ini agar banyak yang mengunjungi museum yaitu dengan mengubah mindset siswa dan masyarakat bahwa museum tidak hanya tentang zaman dulu, museum saat ini sudah kekinian, sehingga paradigma tersebut harus dihapus agar museum semakin digemari dan banyak dikunjungi. “ Jelajah Museum ini bagus sekali, sebagai wacana siswa dan juga masyarakat tentang museum,” pungkasnya. (ril)

Baca Berita Lainnya

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments