Rabu, September 18, 2024
BerandaPeristiwaKandang Berisi 36 Ribu Bibit Ayam di Kudus Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir...

Kandang Berisi 36 Ribu Bibit Ayam di Kudus Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Miliaran Rupiah

Kudus (sigijateng.id) – Diduga dipicu korsleting jaringan listrik di bagian pengatur suhu, kandang berisi puluhan ribu ekor bibit ayam yang berada di Jalan Kudus-Pati tepatnya Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus ludes terbakar pada Rabu (11/9) pagi tadi.

Akibatnya 36 ribu bibit ayam mati terpanggang. Selain menghanguskan kandang ayam seluas 1.200 meter persegi itu, api juga membakar 180 sak pakan ternak ukuran 50 kilogram.

Bahkan, peristiwa kebakaran hebat tersebut pun juga sempat ramai di sejumlah media sosial. Salah satunya akun instagram @kudusterkini tiga jam yang lalu.

Pada video unggahan tersebut terlihat api besar membakar bangunan kandang ayam milik Diyah Wiharsi (62) warga Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus,

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Kudus, Ahmad Munaji, mengatakan kebakaran kandang ayam Munaji milik Diah Wiharsi warga Desa Hadipolo terjadi sekira pukul 05.00 WIB.

Kobaran api diketahui berasal dari lantai 2 bangunan kandang. Api begitu besar warga lantas melaporkan kejadian itu kepada petugas pemadam kebakaran.

“Api berasal dari lantai 2 bangunan karena api terlalu besar warga tidak berani mendekat,” ungkap konfirmasi wartawan, Rabu (11/9/2024).

Dia menambahkan ada enam unit mobil pemadam yang dikerahkan. Sekira pukul 07.00 WIB api sudah bisa dipadamkan. Petugas saat ini melakukan pendinginan pascakebakaran.

“Pemadaman selesai pukul 06.40 WIB,” pungkas Munaji.

Menurutnya api disebabkan karena adanya korsleting jaringan listing pada instalasi pengatur suhu.

“Dari korsleting listrik instalasi pengatur suhu yang mengenai lantai dan dinding bangunan lalu merambat ke 45 tabung gas yang tersebar di beberapa titik bangunan kandang ayam,” kata Munaji.

Munaji mengatakan akibat kejadian tersebut kandang ayam dengan luasan 1.200 meter persegi ludes terbakar. Bangunan kandang ayam juga mengalami rusak berat.

“Dan ada 36.000 bibit ayam mati. Kerugian belum tahu, diperkirakan miliaran rupiah,” pungkasnya. (Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments