Rabu, September 18, 2024
BerandaNasionalJelang Purna Tugas, Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul jadi Mensos dan Irjen...

Jelang Purna Tugas, Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul jadi Mensos dan Irjen Eddy Hartono jadi Kepala BNPT Hari Ini

Jakarta (sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9).

Gus Ipul akan menjabat sebagai Mensos di sisa masa jabatan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang tinggal 40 hari lagi.

Pelantikan tersebut sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 102P tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju.

Di saat yang sama, Presiden Jokowi juga melantik Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Eddy menggantikan posisi Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul resmi dilantik sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9). Foto: BPMI Setpres RI

Kepala negara memimpin pembacaan sumpah jabatan terhadap keduanya. Kedua pejabat baru yang dilantik itu mengikuti sumpah jabatan yang dipimpin Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya,” kata Jokowi yang diikuti Mensos dan Kepala BNPT baru.

Jokowi juga mengingatkan kepada menteri dan wakil menteri yang baru dilantik untuk dapat menjalankan tugasnya dengan menjunjung etika jabatan.

“Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” imbuhnya.

Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul resmi dilantik jadi Menteri Sosial (Mensos). Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mundur usai daftar calon gubernur Jawa Timur.

Risma mundur setelah mendaftar sebagai cagub Jawa Timur. Risma maju bersama H Zahrul Azhar Asumta, yang kerap disapa Gus Hans, sebagai cawagubnya.

Hadir dalam acara pelantikan itu Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Ada juga Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Kepala Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbawa Yudhi Sadewa. (Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments