Rabu, September 18, 2024
BerandaUncategorizedDikunjungi Ketua DPRD, Dapur Umum PMI di Wonosari Bikin 1.242...

Dikunjungi Ketua DPRD, Dapur Umum PMI di Wonosari Bikin 1.242 Nasi Bungkus Sehari

SEMARANG (Sigi Jateng) – Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang membuka dapur umum (DU) bencana banjir di Kelurahan Wonosari, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah menjangkau warga RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 05.

Koordinator Sibat Wonosari, Maryoni mengatakan Dapur Umum ini ditempatkan di Perumahan Mangkang Indah, RT 09, RW 02, Kelurahan Wonosari, sedikitnya 1.242 nasi bungkus terdistribusi setiap hari. “Dapur umum buka dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore,” katanya, Senin (8/2/2021).

Sementara, Kepala Markas PMI Kota Semarang, Mugiyanto menuturkan, Sibat sebagai sebuah proyek mendewasakan masyarakat dalam menghadapi bencana dinilai sukses.

“Alhamdulillah, walaupun tidak dilibatkan semua, tetapi masyarakat saling bantu dan berperan aktif dalam DU, tidak berpangku tangan menunggu datangnya bantuan. Ini artinya masyarakat semakin paham bagaimana semestinya menghadapi bencana,” ujarnya.

Dia menilai peran aktif masyarakat mengelola bantuan bersama Sibat merupakan sebuah langkah maju dalam menciptakan tatanan masyarakat modern yang tangguh.

“Kita memang tidak menginginkan musibah atau bencana, tapi masyarakat modern tahu manajemen kebencanaan, sehingga paham apa yang mesti dilakukan sebagai antisipasi dan penanggulangannya,” tandasnya.

DU Sibat PMI Wonosari ini dikunjungi Ketua DPRD, Kadar Lusman, Ketua TP PKK (istri Wali Kota), Dintaru, Disperkim, dan Dinas PU Kota Semarang.

“Alhamdulillah, stakeholder terkait juga sudah meninjau dan memberi bantuan. Camat, Lurah, dan Puskesmas juga ikut mendampingi. Musibah ini harus kita hadapi bersama, sesuai kapasitasnya,” kata pria yang akrab disapa Pilus itu. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments