Dewan Minta Pemerintah Pantau Obyek Wisata Usai Perayaan Syawalan

Anggota DPRD Jawa Tengah, M Ngainirrichardl

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Anggota DPRD Jawa Tengah, M Ngainirrichardl, meminta pemerintah melakukan pantauan ke obyek wisata yang dikelola swasta.

Politisi PPP ini memprediksi memperkirakan akhir pekan ini ada lonjakan setelah perayaan syawalan. Pasalnya, masyarakat yang tidak bisa mudik pada Lebaran kemarin.

“Biasanya kan Lebaran itu tidak hanya silaturahmi, tapi juga pergi ke tempat wisata,” kata Ngainirrichardl, Jumat (21/5).

Ngainirrichardl menambahkan, melihat pengalaman Lebaran kemarin, banyak pengelola wisata yang tidak mematuhi aturan prokes. Jumlah wisatawan tidak dikontrol. Aturan maksimal menerima 50 persen dari total kapasitas, dilanggar.

“Ini bisa dijadikan evaluasi. Sebenarnya tidak hanya prokes, SOP wahana wisata juga harus direview agar kejadian di Kedung Ombo Boyolali kemarin tidak terjadi lagi,” terang Sekretaris Komisi B DPRD Jateng.

Karena itu, Ngainirrichardl mendesak pada pemerintah untuk melakukan review SOP di seluruh obyek wisata di Jateng.

“Kami sangat prihatin dengan kejadian Kedung Ombo. Selanjutnya, harus ada evaluasi bagi tempat wisata di Jateng. Harus dicek seluruh peralatan, operator, pengelolaan, dan pengawasannya,” terangnya.

Jika hasil review ternyata ditemukan tidak memenuhi SOP dan membahayakan keselamatan pengunjung maka sebaiknya ditutup sementara.

“Kalau tidak dipenuhi ke depan jangan dijalankan, harus memenuhi semuanya dahulu. Ini penting jangan sampai abai, karena menyangkut nyawa manusia. Tragedi kemarin pelajaran bagi kita semua,” ujarnya. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini