Kapan Sholat Taubat Dikerjakan? Berikut Tata Cara, Bacaan Niat dan Doanya Lengkap

Ilustrasi: Pandua, bacaan niat dan doa sholat sunnah taubat. foto pixabay)

SIGIJATENG.ID –  Ada banyak macam sholat sunnah, salah satunya adalah sholat taubat. Kapan sholat sunnah taubat ini dikerjakan?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita ketahui dulu apa itu sholat sunnah taubat.

Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampun, usai menyadari dosa yang telah diperbuat. Namun sholat sunnah taubat ini bukan menjadi satu satunya cara untuk bertaubat. Sholat sunnah taubat ini sebagai pelengkap taubat seseorang, untuk memohon ampun kepada Allah.

Tata cara sholat taubat tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah lainnya. Yang membedakan adalah hanya pada niatnya saja.  Dikerjakan sebanyak dua rekaat, seperti sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardhu.  

Imam Abu Wafa mengatakan dalam buku Panduan Shalat Rasulullah, sholat taubat dilakukan ketika seorang hamba melakukan kesalahan apa saja. Sholat ini dikerjakan dalam dua rakaat.

Dalil pelaksanaan sholat taubat bersandar pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, ia berkata pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Setelah Abu Bakar RA menyampaikan hadits tersebut, Rasulullah SAW membacakan ayat,

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ ١٣٥

Artinya: “Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui(-nya).” (QS Ali ‘Imran: 135)

Tata Cara Sholat Taubat

  • Mengucapkan niat sholat taubat. USHALLI SUNNATAT TAUBATI ROKAATAINI LILLAHI TAALA (Artinya: “ Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”)
  • Takbiratul ihram. (Saat takbiratul ihram ini, kita langsung menghadirkan bacaan niat itu ke hati, karena niat itu di hati, bukan di lisan)
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah Al Fatihah
  • Membaca surah pendek dalam Al-Qur’an
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Bangun dari sujud dan melanjutkan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  • Tasyahud akhir
  • Salam

Selanjutnya Membaca doa sholat taubat

Doa Sholat Taubat

Berikut bacaan doa sholat taubat:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم الَّذِي لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Arab latin: Astaghfirullaahal’adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: “Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya,”

Kemudian, dianjurkan juga membaca doa setelah sholat taubat yang berbunyi:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Arab latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Kapan Waktu Sholat Taubat ?

Sholat sunnah boleh dilakukan kapan saja, selain waktu-waktu yang dilarang sholat, yakni setelah seubuh hingga matahari terbit, dan setelah ashar hingga matahari tenggelam. Namun lebih afdholnya sepertiga malam terakhir.

Apabila hendak melaksanakan sholat taubat pada sepertiga malam terakhir, maka bisa dilakukan dalam kurun waktu sekitar pukul 01.30 dini hari hingga menjelang subuh.

Anda bisa menyambut sholat taubat dengan sholat sunnah lain, seperti hajat, Mutlaq, tahajud dan witir.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku-kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Ku-berikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam Kitab Shahih Muslim turut disebutkan,

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat yang dilakukan di malam hari.” (HR Muslim)

SIMAK VIDEO PANDUA dan Tata Cara Sholat Sunnah Taubat ;

ARTIKEL LAIINYA:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini