Contoh Teks Pidato Pamitan Akan Ibadah Haji atau Umroh, Pendek dan Penuh Makna

Ilustrasi: Kabah: ( foto screnshhot)

SIGIJATENG.ID –  Berikut contoh teks pidato Pamitan Akan Ibadah Atau Umroh, Singkat dan Penuh Makna. Anda bisa meniru contoh teks pidato ini, jika anda mendapat tugas berpidato pamitan ketika saudara atau teman kami akan ibadah haji atau ibadah umroh. Tentu, Anda bisa menambah dan mengurangi kalimatanya, disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Ibadah haji adalah rukun Islam kelima. Setiap ibadah haji pasti juga mengerjakan ibadah umroh. Namun ketika sesorang melakukan ibadah umroh, maka belum tentu sekalian melakukan ibadah haji.

Karena ibadah haji hanya dilakukan saat bulan Dzulhijah atau bulan besar, sedangkan ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja, diluar bulan itu.

Ibadah haji dan umroh adalah ibadah yang membutuhkan kekuatan lahir batin. Pasalnya, ibadah haji dan umroh itu membutuhkan waktu lama, dan tujuannya adalah luar negeri yakni Arab Saudi.

Saat ibadah haji dan umroh, tentu akan meninggalkan kelurga dan tetangga dalam waktu yang cukup lama. Jika haji regular sampai 41 hari. Jika haji plus bisa 26 hari. Dan jika ibadaj umroh, paling pendek biasanya 9 hari.

Bagi sebagain besar orang Indonesia, orang yang hendak ibadah haji dan umroh, akan menggelar syukuran, mengundang saudara, tetangga, teman dan lain-lain. Acara ini biasanya disebut dengan acara walimatussafar

Tujuan dari diadakannya walimatussafar adalah memohon doa kepada keluarga dan masyarakat sekitar lingkungan rumah agar kelak bisa menjadi haji yang mabrur.

Dalam acara walimatussafar akan ada sambutan yang disampaikan oleh calon jamaah haji atau Jemaah umroh.

Saat acara syukuran atau walimatussafar itulah, ada acara sambutan pamitan. Dan biasanya, sambutan itu tidak dilakukan sendiri oleh orang yang akan haji atau umroh, namun diwakilkan orang lain.

Jika Anda kebetulan mendapat tugas untuk menjadi wakil tetengga kamu yang akan haji atau umroh, untuk memberikan kata sambutan pamitan, Anda bisa meniru contoh teks di bawah ini.

Dilansir dari video yang berjudul “Sambutan Walimatussafar”, tayang di kanal YouTube Reja pada 14 Juli 2020, berikut ini contoh teks sambutan walimatussafar haji atau umroh yang singkat dan mudah dihafal.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bismillahirohmanirohim, alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala sayyidina wa maulana Muhammadin wa alihi wasohbihi ajmain.

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SAW yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat dari mulai nikmat Islam, nikmat iman, serta nikmat sehat walafiat dan nikmat-nikmat lainnya yang begitu banyaknya kepada kita.

Sholawat serta salam tak lupa kita curahkan teruntuk nabi besar kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beserta keluarga sahabat sampai kepada kita pengikutnya, yang insyaallah tetap istiqomah di jalannya hingga yaumul akhir nanti, amin.

Bapak-bapak dan ibu-ibu yang saya hormati pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah yang hadir di acara walimatussafar kami, semoga Allah membalas selangkah kaki jemaah semua yang ada di sini, Amin.

Melalui kesempatan yang baik ini kami memohon maaf kepada semua jamaah yang hadir di sini, keluarga lingkungan (sebutkan RT dan RW) jika selama ini kami ada kesalahan dan khilaf yang kami lakukan atau mungkin selama ini banyak perilaku serta ucapan kami yang pernah menyakiti atau menyinggung kepada warga sekitar.

Kami memohon doa restu kepada semua warga sekitar agar keberangkatan ibadah haji kami ini dapat dimudahkan oleh Allah SAW, kami berharap di dalam menjalankan ibadah haji nantinya di tanah suci diberikan kekhusyu’an dan kelancaran oleh Allah SAW.

Terakhir kepada seluruh keluarga besar kami yang hadir, kami menitipkan anak-anak dan cucu kami, sekali lagi kami menyampaikan permohonan maaf serta memohon doa kepada warga sekitar agar keberangkatan kami ini dapat dimudahkan oleh Allah SAW.

Kembali ke tanah air dengan selamat dan memperoleh haji yang mabrur, amin ya robbal alamin. Demikian kami sampaikan kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian contoh teks sambutan walimatussafar haji atau umroh yang singkat.

Jika tujuannya adalh ibadah umroh, maka tinggal menyesuaikan. (asz)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini