Tak Hanya Air Terjun! Obyek DTW Curugsewu Kendal Tawarkan Potensi Daya Tarik Pegunungan Purba dan Wisata Religi

Obyek DTW Curugsewu Kendal yang menjadi icon wisata di Kabupaten Kendal. Foto : vian/sigijateng.id

Kendal (Sigijateng.id) – Dampak akibat pandemi Covid-19, menjadikan obyek Daya Tarik Wisata (DTW) Air Terjun Curug Sewu yang berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal sempat mengalami penurunan pengunjung.

Pihak pengelola pun berkomitmen untuk membangkitkan kembali salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon Kabupaten Kendal tersebut.

Aryo Widiyanto, Kepala Destinasi Wisata Curug Sewu Kendal.

“Iya selama Pandemi Covid-19 lalu, memang kita akui bahwa pengunjung di DTW Curug Sewu menurun drastis. Namun saat ini telah berangsur-angsur meningkat. Alhamdulillah saat ini sudah mulai ada grafik peningkatan,” ujar Aryo Widiyanto, Kepala Destinasi Wisata Curug Sewu Kendal.

Aryo mengatakan selain wisata air terjun yang telah ada, saat ini pihaknya tengah menggali potensi-potensi wisata lain di Curug Sewu. Daya tarik baru yang akan dioptimalkan diantaranya adalah pegunungan purba yang terletak disisi bawah, selain itu wisata religi makam Kiai Sabrang.

“Jika selama ini masyarakat berpikir ketika ke Curug Sewu hanya melihat air terjun saja, sekarang kita berubah. Kita menggali lagi ada enam titik wisata sejarah dan satu titik wisata geologi,” kata pria yang hobi menulis dan berburu benda antik ini.

“Salah satunya adalah pegunungan purba yang terletak disisi bawah, kalau wisata religinya ada disamping air terjun. Jadi itu akan kita gali kembali. Kita tawarkan kepada masyarakat sebagai alternatif wisata di Curug Sewu,” lanjutnya.

DTW Curug Sewu Jadi Sasaran Wisatawan Luar Negeri

Aryo menyatakan bahwa Curug Sewu merupakan salah satu ikon wisata di Kabupaten Kendal dan sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal, maka harus terus dilakukan inovasi-inovasi untuk mengembangkan wisata Curug Sewu.

“Dengan begitu maka kejayaan icon destinasi wisata di Kendal bisa kembali diraih. Kita ingin ikon Kendal ini bangkit menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah,” tegas Aryo yang penuh semangat.

Dalam rangka mengembalikan kejayaan destinasi wisata tersebut, pihaknya juga terus berupaya melakukan promosi keluar daerah maupun mancanegara agar DTW curug Sewu bisa lebih dikenal dikalangan luas.

“Kemarin ada lima rombongan wisatawan asing dari Thailand, Belanda dan Australia. Saat ini DTW Curug Sewu sudah mulai bangkit,” tandasnya.

Salah satu pengunjung DTQW Curugsewu asal Solo, Budiarto mengaku baru pertama kali mengunjungi obyek wisata air terjun DTW Curug Sewu. Dirinya merasa terkesan akan pesona alam dan keindahannya. “Saya baru kali pertama kesini dan sengaja bersama keluarga ingin lihat air terjunnya,” ujarnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini