Wow Eksotiknya Pelangi di Air Terjun DTW Curugsewu Kendal, Wisatawan Bisa Temukan di Waktu Ini

Pesona alam disekitar air terjun Curugsewu, wisatawan bisa menemukan pelangi cantik berwarna-warni di bawah air terjun yang dikenal eksotis dan sejuk. Foto : Paulus Nugrahjati for sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Destinasi obyek wisata Curug Sewu memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Lokasinya berada di Desa Wisata Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke sini, pengunjung disambut dengan udara yang sejuk, alam yang masih asri, dan air terjun yang eksotik. Debit airnya terbilang besar dengan 3 tingkatan. 

Setelah melewati gerbang masuk, pengunjung dapat langsung menuju gardu pandang untuk menikmati panorama air terjun dari ketinggian. Sejak memasuki gerbang, pengunjung akan langsung menangkap suara derasnya arus air yang mengalir di kejauhan.

Kepala pengelola DTW Curugsewu, Aryo Widiyanto menyebut jika kawasan wisata Curug Sewu berada di ketinggian 650 Mdpl yang sekelilingnya merupakan area hutan. Hal ini menjadikan udara di sekitarnya terasa sejuk dan menyegarkan.

“Pengunjung bisa melihat panorama air terjun dari gardu pandang Munthuk Jambe. Dari sini, akan terlihat jelas bentuk air terjun yang bertingkat-tingkat. Tingkat tertinggi memiliki ketinggian 40 meter, tingkat kedua sekitar 15 meter, dan tingkat ketiga 20 meter,” kata Aryo.

Pesona alam disekitar air terjun Curugsewu, wisatawan bisa menemukan pelangi cantik berwarna-warni di bawah air terjun yang dikenal eksotis dan sejuk. Foto : Paulus Nugrahjati for sigijateng.id

Aryo mengatakan ada sensasi baru di bawah air terjun Curugsewu yakni dengan terlihatnya Pelangi cantik warna-warni. Hal itu menambah eksotisme tersendiri. “Hampir setiap hari ada, hanya saja di jam-jam tertentu. Yakni sekitar pukul 09.00 – 11.00 WIB pagi,” ujarnya.

Dengan munculnya Pelangi warna-warni di bawah air terjun itu, kata Aryo, pengunjung lebih betah dan tertarik berlama-lama menikmati eksotisme alam Curugsewu. “Tidak sedikit yang mengabadikan diri berswafoto dengan background air terjun Pelangi itu,” imbuh Aryo.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kendal Achmad Ircham Chalid mengatakan, sepanjang tahun 2023 terdapat 1,8 juta wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kendal. Kunjungan wisatawan di tahun 2024 hingga liburan lebaran kemarin dikatakan juga stabil.

“Curug Sewu masih menjadi andalan wisata di Kabupaten Kendal. Apalagi tahun ini bakal direvitalisasi. Itu untuk menambah kenyamanan pengunjung,” kata Ircham saat ditemui di lokasi DTW Curugsewu Patean.

Pihaknya kini tengah terus berupaya memajukan pariwisata di Kendal bekerjasama dengan sejumlah stakeholder maupun pengelola pariwisata lainnya. DTW Curug Sewu ini salah satu ikon wisata di Kabupaten Kendal, maka terus dilakukan inovasi wisata.

“Dengan begitu maka kejayaan icon destinasi wisata di Kendal bisa kembali diraih. Kita ingin ikon Kendal ini bangkit menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah,” tegas Aryo yang penuh semangat.

Dalam rangka mengembalikan kejayaan destinasi wisata tersebut, pihaknya juga terus berupaya melakukan promosi keluar daerah maupun mancanegara agar DTW Curug Sewu bisa lebih dikenal dikalangan luas.

“Kemarin ada beberapa rombongan wisatawan asing dari Thailand, Belanda dan Australia. Saat ini DTW Curug Sewu sudah mulai bangkit,” tandasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini