Jadwal Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024, Jangan Terlewatkan

Ilustrasi: Mau Puasa 1 sampai 9 Dzulhijjah: Berikut Jadwal, Niat, dan Keutamaannya.

SIGIJATENG.ID – Ada amalan puasa yang hanya dikerjakana pada bulan Dzulhijjah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah.

Puasa Tarwiyah dan Arafah adalah puasa yang dikerjakan menjelang Hari Raya Idul Adha. Kedua puasa tersebut hukumnya sunnah.

Lantas, kapan puasa Arafah dan Tarwiyah 2024 dilakukan? Berikut tanggalnya berdasarkan kalender Hijriah.

Dilansir dari laman NU, puasa Tarwiyah dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah sedangkan Arafah dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

عن ابن عباس مرفوعا: “ما من أيام العمل الصالح أحب إلى الله فيهن من هذه الأيام” -يعني عشر ذي الحجة -قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: “ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجلا خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء

Artinya, “Dari Ibnu Abbas dengan kualitas hadits marfu’. ‘Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya sepuluh hari Dzulhijjah.’ Kemudian para sahabat bertanya, ‘Bukan pula jihad, ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian ia pulang tanpa membawa apa-apa lagi,'” (HR Bukhari).

Puasa Arafah dan Tarwiyah hanya disunahkan kepada mereka yang tidak berhaji, sedangkan bagi yang sedang melakukan ibadah haji tidak dianjurkan melakukan puasa ini.

Jadwal puasa Arafah dan Tarwiyah 2024

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni, sedangkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Apabila mengacu keputusan tersebut, umat Muslim akan lebih dulu melaksanakan puasa sunnah Tarwiyah.

Puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha, yaitu Sabtu, 15 Juni 2024.

Disebut puasa Tarwiyah karena momentum ini bertepatan dengan hari Tarwiyah atau hari perbekalan.

Penamaaan tersebut karena jamaah haji pada masa Nabi Muhammad sedang mengisi air di Mina pada hari Tarwiyah sebagai perbekalan untuk melakukan perjalanan ke Arafah.

Kemudian puasa Arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha, yakni Minggu, 16 Juni 2024.

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Dinamakan Puasa Arafah karena bertepatan dengan momen wukuf di Padang Arafah yang dilakukan oleh para jamaah haji.

Meski tidak berdosa apabila tidak dikerjakan, puasa Arafah dan Tarwiyah mempunyai keutamaan yang luar biasa bagi yang mengerjakannya. Berikut keutamaan puasa Arafah dan Tarwiyah.

Keutamaan puasa Tarwiyah

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

Artinya: “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

 Keutamaan puasa Arafah

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Artinya: “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim). (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini