Agar Pedagang Nyaman, Dewan Minta Fasilitas Pasar Waru Diperbaiki

SEMARANG – Ketua Komisi B DPRD, Kota Semarang, Joko Susilo mengungkapkan perlu ada perbaikan sejumlah fasilitas Pasar Waru, Sawah Besar, Kaligawe. Dirinya mengusulkan dinas terkait segera memperbaiki fasilitas tersebut agar pedagang dan penjual bisa nyaman.

‘’Masih banyak fasilitas di Pasar Waru yang harus diperbaiki agar pedagang bisa nyaman berjualan,’’ ujar Joko Susilo, Kamis (21/9/2023).

Politisi PDIP itu mengungkapkan sejumlah fasilitas di Pasar Waru yang harus diperbaiki mulai dari jalan yang berlubang, lantai pasar, atap bocor, hingga talang air yang sudah tidak layak. Selain itu beberapa kios pun terkena dampak banjir saat hujan.

‘’Itu harus dibenahi. Mesake pedagange, pedagang itu kan butuh tempat bersih, tempat tidak bocor,’’ kata Joko Susilo.

Ia menambahkan bahwa Komisi B DPRD Kota Semarang, melakukan tinjauan lapangan perihal sarana dan prasarana di Pasar Waru pada 13 September lalu.

Kunjungan lapangan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Joko Susilo dan Anggota Komisi B, Yosi Yonardo, Melly Pangestu, Hanik Khoiru, serta didampingi oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang.

‘’Ternyata setelah kami cek ke sana, talang-talang airnya pada lari semua terkena angin. Sehingga kalau hujan, air tidak masuk talang, sehingga turun ke bawah ke tempat pedagang, sehingga pedagang tidak bisa berjualan,’’ ungkap dia.

Joko Susilo mengakui tidak semua los kondisinya seperti itu. Menurutnya ada beberapa los Pasar Waru yang masih layak untuk berdagang.

‘’Yang tidak layak sekarang tutup karena kalau hujang bocor,’’ ujar dia.

Joko Susilo juga melihat kios lantai 2 dibiarkan kosong. Dia pun berharap Dinas Perdagangan melakukan berbagai upaya agar kios tersebut tidak dibiarkan kosong dan bisa ditempati kembali oleh para pedagang.

Ia berharap Dinas Perdagangan ikut serta mempromosikan untuk menarik pengunjung demi menjaga keberlangsungan kegiatan perekonomian di pasar tradisional.

‘’Kalau saya usul, lantai dua bisa untuk pasar burung. Sehingga di Kota Semarang ini ada beberapa pasar burung,’’ pungkas Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang itu. (Adv)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini