Beri Bantuan Korban Gempa di Banten, Wapres Ma’ruf Amin Semangati Warga

Beri Bantuan Korban Gempa di Banten, Wapres Ma’ruf Amin Semangati Warga, Kamis, 20 Januari 2022. (Foto : BPMI Setwapres)

Jakarta (Sigi Jateng) – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengunjungi korban gempa bumi magnitudo 6,6 di Kampung Cibeulah, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (20/1/2022). Turut mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala BNPB, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Wapres bersama rombongan meninjau rumah yang rusak akibat gempa di Munjul, Pandeglang serta menyerahkan bantuan. Dua rumah rusak akibat gempa yang dikunjungi Wapres, yakni rumah milik Bahrudin dan Dedi warga kampung Cibeulah, Desa Munjul, Pandeglang.

“Pemerintah sedang memikirkan solusi apa yang terbaik bagi masyarakat di sini. Sebab, di sini termasuk jalur rawan gempa atau jalur merah,” kata Wapres.

Solusi tersebut, kata Wapres, bisa dalam bentuk relokasi bagi masyarakat sekitar. Sehingga, masyarakat di sini merasa aman dan tidak terus menerus khawatir.

Namun demikian, kata Wapres, saat ini pemerintah melalui Kemensos sudah menyiapkan tenda sementara di masing-masing rumah yang terdampak. Dalam kesempatan tersebut, Wapres secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga korban gempa dan melakukan dialog.

“Saat terjadi gempa itu sedang di mana?, tidak apa-apa kan? Syukur Alhamdulillah ya selamat semuanya,” tanya Wapres.

Salah satunya adalah Ine Supartini, seorang warga yang rumahnya hancur akibat gempa. Menurut Ine, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah bertindak cepat dalam membantu warga di desanya yang terkena bencana.

“Kebetulan pada saat gempa terjadi Kemensos (Kementerian Sosial) langsung datang kesini, tidak menunggu lama untuk mendirikan tenda,” tutur Ine.

Ine pun menyampaikan harapan agar pemerintah dapat membantu membangun kembali rumahnya yang hancur sehingga ia dan keluarga dapat kembali tinggal di rumah mereka. “Ingin rumah ini dibangun kembali untuk tidur, karena sementara ini kami tidur masih di tenda atau di rumah tetangga,” harap Ine.

Pada kesempatan itu, Wapres juga memberikan semangat kepada anak-anak terdampak bencana yang hadir di lokasi. Sembari bertanya apa cita-cita yang dimiliki ketika dewasa nanti, Wapres juga memotivasi agar anak-anak semua tidak patah semangat dan tetap belajar di sekolah di tengah kondisi yang sedang dihadapi.

“Terus [sekolah] ya. Walaupun habis musibah, sekolah jangan malas ya,” ucap Wapres.

Dalam peninjauan ini, Wapres juga menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako dan 500 paket perlengkapan sekolah. Bantuan diberikan secara simbolis kepada 10 penerima.

5 paket perlengkapan sekolah diberikan kepada perwakilan anak-anak yaitu Amelia Putri, Miftah Hafidz Mulyadi, Suci Rahmayati, Alma dan Topan. Sementara bantuan sembako diberikan kepada Sudirman, Herudin, Dudin, Rokayah, dan Andri.

Usai melakukan kunjungan dan peninjauan rumah rusak akibat gempa, Wapres KH Ma’ruf Amin melanjutkan kunjungan ke pendopo Gubernur Banten untuk melakukan rapat dengan gubernur dan bupati/wali kota terkait progres penyelenggaraan mal pelayanan publik dan pemberdayaan UMKM di Provinsi Banten. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini