Integrasi Program Warak Ngendog, Kota Semarang Mampu Kendalikan Covid-19

Ilustrasi lawan Corona Virus. Foto :pixabay.com

Semarang (Sigijateng.id) – Pemerintah Kota Semarang melalui program inovasi Warak Ngendog (Lawan Coronavirus Kota Semarang dengan Dukungan Integrasi Program dan Bergerak Bersama) akhirnya berhasil mengendalikan kasus covid-19.

Capaian tersebut merupakan komitmen dari pemerintah serta lintas sektor lainnya untuk melakukan mitigasi dampak pandemi secara terintegrasi. Hasil nyata dari program inovasi Warak Ngendog ini, Kota Semarang bisa mempertahankan kondisi Level 1 sampai saat ini berdasarkan penilaian dari Kemenkes per 26 Juni 2022 terkait Level PPKM Kota/Kabupaten di Indonesia.

Dalam Warak Ngendog ini penanganan COVID-19 dikolaborasikan 4 aspek yaitu pelaksanaan 3T ( Tracing, Testing dan Treatment), Edukasi Protokol Kesehatan, Percepatan Vaksinasi COVID-19 dan Keterlibatan Masyarakat melalui upaya pemberdayaan kampung siaga candi.

Komitmen pimpinan dalam hal ini wali kota dan jajaran pemerintah Kota Semarang yang didukung TNI/POLRI, Swasta dan masyarakat  dengan rasa gotong-royong dan juga bergerak bersama dalam semua aspek penanganan kasus Covid-19 menjadi Kunci Pokok keberhasilannya.

“Selain itu dengan program inovasi Warak Ngendog ini juga selaras pengembangan teknologi yang mendukung pelaksanaan penanganan Covid-19,” ujar Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (30/6/2022).

Salah satu teknologi yang sampai saat ini banyak dirasakan masyarakat adalah web Victori yang mendukung pelaksanaan vaksinasi Kota Semarang. “Masyarakat diberi kemudahan informasi layanan vaksin mulai dari tempat vaksinasi, waktu pelaksanaan dan jenis vaksin bisa dipilih masyarakat secara langsung,” lanjutnya.

Selain itu melalui masyarakat juga bisa mengakses berbagai informasi terkait penangan COVID-19 di Kota Semarang melalui laman web siagacorona.semarangkota.go.id. Inovasi WARAK NGENDOG ini juga sangat mendukung kegiatan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang.

Berdasarkan data per 27 Juni 2022 Pukul 18.00 WIB capai vaksin Dosis 1 (1.645.601/126,09%)dan Dosis 2 (1.509.698/ 115,68%) sudah melebihi 100%, sementara capaian vaksinasi booster mencapai 50,13% ( 654.288). 

Untuk saat ini pun masyarakat juga masih tetap bisa mengakses call center covid di no WA : 089-537-686-0088 dan juga helpdesk Victory jika membutuhkan informasi terkait layanan penanganan Cobid-19 dan layanan vaksinasi serta keluhan terkait sertifikat vaksinasi yang dilakukan di Kota Semarang.

Kedepannya pun harapan Warak Ngendog bisa dikembangkan dalam upaya penanganan penyakit menular lainnya yang masih menjadi permasalahan Kesehatan di Kota Semarang seperti DBD, TBC, HIV, dan lain-lain. (Mushonifin)

Berita Tebaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini