Pelipatan Surat Suara Pilkada 2020, KPU Kendal Disiplin Terapkan Prokes Ketat

Proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Kendal 2020, di Gedung Islamic Center, Bugangin dilakukan protokol kesehatan ketat.

Kendal (Sigi Jateng) – Memasuki hari ke empat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal hingga kini masih melakukan pelipatan surat suara untuk Pilkada Kendal 2020, di Gedung Islamic Center, Bugangin, Senin (23/11/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, prosea pelipatan surat suara dilakukan berbeda dari pelaksanaan pilkada pada tahun-tahun sebelumnya. Para tenaga pelipat surat suara dibagi menjadi beberapa kelompok.

Setiap kardus surat suara menjadi tanggung jawab setiap individu tenaga pelipatan. Selama melakukan pelipatan suara, mereka wajib mengenakan masker dan disiplin protokol kesehatan.

Bahkan, selama proses pelipatan surat suara di gedung islamic center tersebut juga mendapatkan penjagaan ketat dari petugas kepolisian dan pengawasan pihak Bawaslu.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, pelipatan surat suara dilakukan oleh sebanyak 75 orang. Selama pelipatan surat suara ini, protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Diantaranya menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Setiap tenaga pelipat bertanggung jawab atas satu kardus berisi surat suara, sehingga berbeda dengan pelipatan surat suara pada Pilkada tahun sebelumnya,” kata Hevy.

“Pada Pilkada 2015 dan tahun sebelumnya, tenaga pelipat dibagi dalam kelompok-kelompok. Karena Pilkada tahun ini di tengah wabah pandemi, maka tiap kardus surat suara jadi tanggung jawab individu masing – masing,” sambungnya.

Disampaikan Hevy, surat suara yang dilipat kali ini yakni surat suara reguler dan surat suara PSU. Dia mengaku bahwa, logistik Pilkada Kendal tahun 2020 ini hampir semuanya sudah datang, kecuali formulir, sampul dan buku panduan, dan salinan DPT.

Sedangkan logistik yang sudah datang adalah surat suara, kotak bilik, APD lengkap, segel, tinta dan lainnya. Sehingga tinggal melakukan penyetingan saja.

“Untuk pelipatan surat suara ini kita targetkan tanggal 25 November 2020 nanti sudah rampung. Kondisi surat suara bagus, namun ada beberapa yang sobek. Tentu ini akan kita mintakan gantinya ke pihak penyedia,” tandas Hevy. (Dye)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini