Berkat Doa Sang Ibu, Ahli Hadits Imam Bukhari Sembuh dari Kebutaan

Ilustrasi - Berkat Doa Sang Ibu, Ahli Hadits Imam Bukhari Sembuh dari Kebutaan. Foto : pixabay.com

Sigijateng.id – Doa dari seorang ibu memang tiada tandingan. Inilah yang juga dirasakan ulama besar Imam Bukhari. Dirinya bisa sembuh dari kebutaan berkat doa dari ibunya.

Perawi hadits bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Bukhari itu sempat buta pada usia 10 tahun. Namun berkat doa sang ibu, keajaiban pun terjadi kepada Imam Bukhari.

Imam Bukhari sudah mendapat cobaan di usia belia. Dirinya menjadi seorang yatim saat berusia 2 tahun usai ayahandanya Abu al-Hasan Ismail bin Ibrahim wafat. Meski demikian, sang ibu merawat Imam Bukhari dengan sangat baik. Ia juga selalu memperhatikan pendidikan putranya ini.

Cobaan lain datang. Suatu waktu Bukhari kecil tiba-tiba kehilangan penglihatannya. Betapa paniknya ia begitu menyadari dunia menjadi gelap seketika.

Sang ibu amat bingung dan sedih luar biasa. Sejak saat itu tiada hari yang dilalui ibunda Bukhari kecuali bermunajat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk kesembuhan anaknya. Bahkan tangisannya tidak bisa terbendung setiap kali ia berdoa.

Imam Adz-Dzahabi dalam Siyar A’lam an-Nubala menuliskan, suatu malam ibunda Bukhari bermimpi bertemu Nabi Ibrahim Alaihissalam. Beliau berkata, “Allah Subhanahu wa ta’ala telah mengembalikan penglihatan anakmu karena begitu banyaknya doamu.”

Keajaiban pun terjadi, keesokan paginya, Imam Bukhari ternyata bisa melihat lagi. Tidak hanya itu, usai kebutaan yang dialami, Imam Bukhari bahkan dikaruniai daya ingat yang luar biasa.

Begitulah kisah Imam Bukhari yang akhirnya dikenal sebagai sosok yang daya ingatnya luar biasa dan mampu menghafal dengan sempurna hanya dengan satu kali melihat.

Wallahu a’lam bishawab. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini