Inilah 5 Gelar Umar bin Khattab yang Memiliki Arti Luar Biasa, Selain Khulafaur Rasyidin

Ilustrasi gelar-gelar Umar bin Khattab. Foto : pixabay.com

Sigijateng.id – Dikenal sebagai salah satu sahabat yang menjadi khalifah setelah wafatnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Umar bin Khattab mendapat sebutan Khulafaur Rasyidin yang berarti pemimpin yang menggantikan tugas-tugas Rasulullah.

Umar bin Khattab menjadi khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Dalam sejarah Islam, Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok yang berani, tegas, dan tangguh serta memiliki kecerdasan tinggi. Sehingga, dirinya mendapat beberapa gelar, di antaranya sebagai berikut:

1. Al Faruq

Ketika memutuskan berdakwah secara terang-terangan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mulai menyebarkan agama Islam dengan membawa dua barisan menuju Masjidil Haram. Barisan pertama dipimpin ‘Umar, sementara barisan lainnya dipimpin Hamzah bin Abdul Muthalib.

Derap langkah kaki mereka menerbangkan pasir jalanan yang dilalui, sampai akhirnya masuk Masjid Al Haram. Ketika melihat kedua barisan yang dipimpin Hamzah dan ‘Umar, kaum kafir Quraisy tampak muram dan merasa gundah.

Sejak itulah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memberi gelar Al Faruq kepada Umar bin Khattab yang artinya “Sang Pembela Antara Haq dan Bathil”.

Julukan Al Faruq yang disematkan kepada Umar bin Khattab juga disebutkan merujuk pada perannya sebagai penjaga Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sekaligus pencerah berai orang-orang kafir.

Pasalnya selain mampu membedakan kebenaran dan kebatilan, Umar bin Khattab juga berupaya menjaga kebenaran tersebut dan melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari hal-hal bathil.

2. Amirul Mukminin

Dikutip dari pcnukendal.com, usai menggantikan posisi Abu Bakar, para sahabat berkata, “Kita adalah mukminin (orang-orang beriman) dan Umar adalah amir (pemimpin) kita, maka Umar pun akhirnya dijuluki Amirul Mukminin. Orang pertama yang dipanggil dengan gelar tersebut adalah Umar bin Khattab.

3. Abu Hafsh

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sendiri memberi Umar bin Khattab gelar dengan Abu Hafs dan Hafs Al Asad karena sangat kuat.

Diriwayatkan oleh Zaid bin Aslam dari ayahnya, ia berkata, “Aku melihat Umar bin Khattab radhiyallahu anhu memegang telinga kuda dengan satu tangannya dan satunya lagi memegang telinganya sendiri. Seketika kudanya tersungkur, terduduk diam, dan Umar pun menungganginya.”

Namun, ada pula pendapat yang menyebut bahwa Abu Hafsh memiliki arti Umar bin Khattab sebagai ayah dari Hafsh, dan hal tersebut adalah sebuah panggilan bukan sebagai julukan.

4. Assadullah

Sebelum teguh memeluk Islam, Umar bin Khattab sudah dikenal sebagai sosok yang sangat berani. Berkat keberaniannya itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun memberi gelar Asadullah atau “Singa Allah” atau “Singa Padang Pasir”.

Tidak hanya itu, kemampuan Umar bin Khattab menggunakan pedang bagai kilat berhasil menjadikannya sosok yang disegani penduduk Kota Makkah.

Bahkan ketika Umar resmi menjadi seorang Muslim, keberanian dan ketangkasannya dalam membela Islam juga banyak ditakuti oleh orang-orang kafir.

5. Abu Faiz

Julukan Umar bin Khattab lainnya ialah Abu Faiz. Ia diberi gelar tersebut karena memiliki ilmu dan kecerdasan serta wawasan yang luas. Beliau juga dikenal karena kecerdikannya dalam berdiplomasi.

Wallahu a’lam bishawab.

(Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini