Tiba di Bali Hadiri KTT G20, Presiden USA Joe Biden Disambut Tarian Pendet

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menuruni tangga pesawat Air Force One usai mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Minggu,(13/11/2022). Foto: BPMI Setpres

Denpasar (Sigijateng.id) – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden telah tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) sekira pukul 22.10 WITA, dengan menggunakan pesawat Air Force One, untuk menghadiri KTT G20 Indonesia.

Berdasarkan siaran langsung yang dipantau dalam akun Instagram G20 Indonesia terverifikasi @g20org, tampak Biden menuruni tangga pesawat seorang diri.

Kedatangan orang nomor satu negeri Paman Sam itu disambut dengan pasukan jajar kehormatan dan penampilan puluhan penari Bali. Biden tampak tersenyum melihat sambutan para penari tersebut.

Biden lalu menaiki kendaraan jenis sedan limosin berwarna hitam yang telah disiapkan. Selama di Bali pemimpin Paman Sam itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping dan para pemimpin lainnya untuk membahas berbagai masalah geopolitik.

“Kalau sesuai jadwal, kira-kira malam ini pukul 19.30,” kata Asisten Operasi Komando Operasi Udara II Kolonel Pnb Bambang Sudewo.

Presiden Biden terbang ke Bali menggunakan pesawat US Air Force One. Dia bertolak dari Phnom Penh, Kamboja, setelah menghadiri KTT Asean Plus.

Selain Biden, ada sembilan kepala negara yang dijadwalkan tiba di Bali hari ini. Diantaranya Rusia yang diwakili Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Sementara kepala negara sisanya akan datang, Senin (14/11/2022) hari ini. Satu di antaranya adalah Presiden China Xi Jinping. Untuk mengamankan penerbangan tamu VVIP ke Bali, akan dilakukan pengurangan jadwal penerbangan pesawat komersil.

“Mulai besok pesawat komersil sudah dikurangi jadwalnya. Diatur jadwalnya, begitu nanti ada pesawat VVIP negara mana masuk Bali, otomatis penerbangan reguler tidak akan masuk di jam-jam itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah delegasi KTT G20 juga telah hadir di Bali diantaranya Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Executive Chairman The World Economic Forum Klaus Schwab, Director General International Labour Organization Gilbert Houngbo, serta Chairman Islamic Development Bank Muhammad Al Jaser.

Presiden Joko Widodo juga tiba di Bali, Minggu malam usai lawatan KTT ASEAN di Kamboja. Dalam keterangan persnya Jokowi menyampaikan dirinya menerima laporan bahwa 17 kepala negara mengkonfirmasi akan menghadiri KTT G20 Indonesia di Bali.

Presiden Jokowi menekankan Indonesia akan memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekonomi. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini