Awas Bisa Bahaya! Jangan Taruh Barang-Barang Ini di Dalam Jok Sepeda Motor

Jangan Taruh Barang-Barang Ini di Dalam Jok Sepeda Motor, Bahaya!. Foto :pixabay.com

SIGIJATENG.ID – Seringkali para pengguna sepeda motor merasa bahwa jok motor yang tersedia dapat difungsikan sama halnya dengan sebuah tas.

Anggapan semua barang yang ingin dibawa bepergian akan lebih mudah jika disatukan ke dalam jok motor masih melekat di dalam diri para pengguna sepeda motor.

Namun, apakah anda tahu bahwa ada beberapa barang yang hukumnya haram jika diletakkan ke dalam jok motor? Mungkin kosakata haram agak berlebihan, tapi jika anda coba-coba terlalu sering meletekkan barang-barang di bawah ini ke dalam jok motor, mungkin keselamatan anda di jalan menjadi taruhannya.

Berikut ini barang-barang yang tidak diperbolehkan untuk diletakkan ke dalam jok motor.

1. Barang Elektronik

Jangan menaruh barang elektronik seperti ponsel hingga powerbank di dalam jok sepeda motor. Sebab suhu panas di dalam jok dikhawatirkan bisa memicu ledakan.

Hal ini bisa terjadi karena jok motor letaknya berdekatan dengan mesin motor dan bisa menghasilkan suhu panas dan berpotensi menimbulkan ledakan.

2. Parfum

Parfum merupakan salah satu barang yang sebaiknya dihindarkan untuk masuk ke jok motor. Parfum memiliki kandungan yang mudah menguap dan dapat memicu bensin di motor memercikan api.

3. Alat Make Up

Ini biasanya dilakukan para Wanita. Ingat ya, untuk tidak meletakkan make up anda ke dalam jok motor.  Panasnya suhu udara di dalam jok motor dapat merusak peralatan make up yang dimiliki.

Bukan tidak mungkin beberapa diantaranya justru meleleh karena kepanasan. Kalau sudah meleleh, kandungan kimia dalam make up yang tidak sengaja masuk ke dalam mesin bisa merusak mesin itu sendiri.

4. Sayur dan Buah-buahan

Dalam kondisi menyala, suhu sebuah sepeda motor bisa mencapai 36 derajat celcius lebih. Panasnya suhu di bagasi jok motor dapat merusak sayur dan buah-buahan. Alhasil kualitas bahan makanan bisa turun karena kepanasan.

5. Jas Hujan Basah

Menaruh jas hujan basah biasanya menjadi keteledoran yang sering terjadi, karena malas menjemur jas hujan atau takut jas hujan tetinggal, jas hujan yang baru saja dipakai biasanya disimpan langsung ke dalam jok sepeda motor oleh para pengendara.

Menaruh jas hujan dalam kondisi basah di bagasi yang panas bisa membuat kualitasnya berkurang. Terlebih untuk jas hujan berbahan polyester dan gore tech.

6. STNK

Barang penting yang satu ini jangan sampai deh lupa tertinggal di jok sepeda motor. Pasalnya jika tempat untuk memarkir kendaraan disinyalir kurang aman, bisa jadi anda terkena musibah pencurian sepeda motor, setidaknya dengan STNK yang masih anda pegang sendiri bisa membuat sepeda motor anda Kembali.

Nah itu dia barang-barang yang dilarang untuk disimpan ke dalam jok motor, pastikan tas yang anda bawa dapat menampung barang-barang yang anda butuhkan. (akhida)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini