Yuk.. Liburan ke De Bale Cingkrong Grobogan

SIGIJATENG.ID, Purwodadi – Anda warga Grobogan Jawa Tengah dan sekitarnya, jika belum punya agenda pada malam tahun baru 2020, bisa datang ke objek wisata yakni De Bale Cingkrong.

Lokasi wisata yang sedang hangat ini berada di komplek Balai Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Rutenya sangat mudah dijangkau. Klik googlemaps langsung ketik balai desa Cingkrong, atau De Bale Cingkong. Dari Kota Purwodadi hanya sekitar 7 KM.

Menyambut malam tahun baru 2020, pengelola sudah menyiapkan acara menarik dan meriah. Salah satunya yakni menggelar pesta kembang api dan panggung hiburan.

Tentu hal ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat setempat dan sekitar. Objek wisata baru di Kabupaten Grobongan, baru saja diresmikan per tanggal 4 april 2019, namun semenjak dibuka sebagai destinasi wisata Grobongan, De Bale Cingkrong ini ramai. Warga antusiasme berbondong-bondong mendatangi lokasi wisata. Terutama ketika memasuki musim libur, pengunjung datang dipastikan semakin membludak.

Menurut informasi didapatkan oleh redaksi sigijateng bahwa luas lahan wisata mencapai 3000 meter persegi. Selain itu dana dikeluarkan demi membangun objek wisata pun tergolong besar yakni kurang lebih 500 juta.

Dan kini potensi objek wisata Grobongan yang banyak terekspos oleh berbagai media cetak maupun media elektronik, semakin ramai dan memang patut untuk dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi Ada yang suka swaphoto alias selfi, maka Anda akan mendaptkan titik spot yang menarik.

Mengusung konsep theme park edukasi bagi pengunjung. Telah tersedia beragam wahana permainan dan sarana edukasi tradisional-budaya. Tentu sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga menyenangkan.

Berikut daftar wahana di sini.

Perahu Bebek

Mirip seperti di Selecta Malang, Tlogomas atau pun Sengkaling, di sini pun juga ada wahana permainan air berupa perahu bebek. Terdapat kolam air sangat luas dan pengunjung pun diperkenankan menyewa perahu bebek. Sobat dapat mengajak pasangan atau pun keluarga mengitari kolam, pasti deh terasa asyik.

Wahana Outbound

Bagi kalangan anak-anak hingga dewasa ada sarana hiburan berupa wahana outbound sob. Wahana seperti itu dapat melatih kemampuan ketangkasan serta fisik. Pihak pengelola sudah menyediakan area khusus digunakan wahana outbound.

Pertunjukan Edukasi

Masih di area kolam tadi, telah tersedia panggung yang terbuat dari bahan bebatuan dan cor berada di tengah kolam. Panggung sengaja didesain sedemikian rupa sehingga terlihat tradisional. Kadang juga dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian daerah. Sehingga membuat pengunjung dapat menikmati suguhan budaya tradisional. Bahkan juga disediakan sarana bagi yang suka karaoke.

Kolam Ciblon

Bagi anak-anak dibawah 10 tahun, juga tersedia kolam ciblon. Kolam ciblon cukup dangkal, yakni 40 cm. Jadi cukup aman bagi anak-anak.

Taman Edukasi Lalu Lintas

Taman edukasi lalu lintas ini berada di halaman balai desa. Anak-anak bisa mendapat informasi seputar berkendara aman dan nyaman di lalulintas dengan mentaati pertaruran.

Kuliner Khas

De Bale Cingkrong juga menyedikan kuliner khas. Harganya cukup marah, namanya juga unik dan menunya jarang ditemukan di tempat-tempat kuliner lainnya. Seperti menu Panen berisi sayur becek, tokolan Lombok ijo, nasi. Menu Tandur berisi oseng kates, tempe goreng, sambel, peyek, ikan asing dan nasi. Menu Jadoel yakni nasi jagung dan sayur lompong. Menu Daut yakni tempe, tahu, telur, soon, ikan asin, srondeng asin dan nasi. Menu Matun terdiri nasi urap, oseng gereh, sambal, lalapan. Nasi goreng jagung telur, nasi goreng jagung telur ayam, nasi goreng biasa, nasi ikan bakar, dan anek minuman. Haganya juga sangat bersahabat.

Berapa tarif taketnya?

Relatif sangat murah. Tiket masuk saat redaksi sigijateng masuk lokasi wisata ini, Rabu (25/11/2019) adalah Rp 5 ribu / orang. Harga itu belum termasuk tiket wahana-wahana yang ada. Untuk wahana Perahu Bebek tiketnya Rp 5 ribu per orang. Outbond Rp 20 ribu / orang, kolam ciblon Rp 5 ribu orang. Bagi yang ingin berfoto dengan naik kuda juga disediakan. Selama berlibur bersama keluarga Anda. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini