Warga Desa Nginggil Kompak Bantu Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle

Sejumlah warga saat membantu mengevakuasi bangkai pesawat, Selasa (19/7/2022) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Warga desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora terlihat kompak ikut membantu para tim gabungan dalam mencari dan mengumpulkan serpihan-serpihan pesawat T-50i Golden Eagle yang jatuh pada Senin (18/7/2022) kemarin.

Dengan menggunakan alat seadanya, warga ikut menyisiri sekitar lokasi terjatuhnya pesawat, satu- persatu bangkai pesawat dan diduga sejumlah potongan korban ditemukan warga dan tim gabungan.

Lokasi yang memang jauh dari pemukiman warga dan medan yang curam tersebut juga tidak mudah dilakukan petugas gabungan dalam pencarian.

Sebab, lokasi jatuhnya pesawat yang diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W mengalami berada di tengah hutan, tepatnya di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sekitar dua jam pencarian, akhirnya kotak yang diduga blackbox berhasil ditemukan oleh petugas.

“Tutupin tutupin,” ucap petugas yang membawa kotak tersebut sembari menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) jatuhnya pesawat tersebut, Selasa (19/7/2022)

Tak berselang lama, petugas juga menemukan kotak berwarna oranye dengan ukuran yang lebih kecil.

Hingga saat ini, belum ada pihak berwenang yang dapat dimintai keterangan terkait penemuan dua kotak tersebut.

Rencananya bangkai pesawat yang sudah terkumpul akan langsung dibawa ke pangkalan TNI AU Iswahyudi Madiun pada hari ini dengan menggunakan jalur darat.

Selain itu, TNI AU juga kembali menerjunkan personil yang berjumlah 180 untuk membantu mencari dan mengevakuasi serpihan pesawat yang sudah terkumpul.

Diketahui, Pesawat T-50i Golden Eagle diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W mengalami kecelakaan saat latihan night tactical intercept.

Pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB. Kemudian pilot pesawat T-50 i Golden Eagle terakhir melakukan kontak dengan flight director pada pukul 19.25 WIB.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini