Tangani Banjir Rob, Pemkot Pekalongan Terima Bantuan Pompa dari BBWS Pemali Juana

Pemkot Pekalongan melalui Dinas PUPR Kota Pekalongan mendapat sarana bantuan pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Foto:dinkominfo Kota Pekalongan

Pekalongan (Sigijateng.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, mendapatkan sarana bantuan pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Bantuan tersebut digunakan untuk penanganan rob yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Pekalongan beberapa waktu lalu.

“Iya betul jika Kota Pekalongan mendapat bantuan dua pompa mobile untuk penanggulangan rob dari BBWS Pamali Juana,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiharto melalui sambungan handphone, Senin (30/5).

Dijelaskan, satu pompa bantuan tersebut akan ditempatkan di wilayah Clumprit. Di wilayah yang berada di Kecamatan Pekalongan Utara. Pada tahun ini ada penanganan drainase sebab pompa exsiting telah dibongkar, dan akan diganti dengan stasiun pompa yang lebih besar.

“Kejadian air rob limpasan dari sungai Gabus mengarah ke Jalan Labuan menyebabkan Clumprit terendam banjir rob. Namun karena pompa exsiting sudah dibongkar, untuk mengurangi genangan di sana dibutuhkan pompa mobile,” jelasnya.

Pemkot Pekalongan melalui Dinas PUPR Kota Pekalongan mendapat sarana bantuan pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Foto:dinkominfo Kota Pekalongan

Sementara itu satu pompa mobile lainnya, lanjut Bambang, rencananya akan ditempatkan di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat. Dimana di wilayah tersebut terendam banjir setelah tanggul sungai Meduri jebol.

“Kedua pompa ini sudah dioperasikan sejak kemarin hari Minggu. Kemudian di Tirto, tinggi genangan masih di atas 50 cm dan update tadi pagi air sudah turun 20-25 cm,” terang dia.

Bambang mengungkapkan, kapasitas kedua pompa mobile ukuran besa tersebut masing-masing memiliki kemampuan 500 liter per detik. “Semoga dengan tambahan pompa mobile ini rob segera surut. Warga terdampak banjir bisa beraktivitas dan kembali ke rumah masing-masing,” tandasnya. (Red)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini