Lebaran Kurang Sepekan Lebih, Pemudik Antusias Lakukan Perjalanan Lebih Awal

Suasana rest area di KM 338 Pekalongan mulai kedatangan pemudik dari berbagai luar daerah. Foto : Edi M for sigijateng.id

Pekalongan (Sigijateng.id) – Beri kenyamanan bagi pemudik, beberapa pos pengamanan sudah berdiri dan siaga di sepanjang jalur mudik. Salah satunya pos pengamanan yang ada di Rest area fungsional KM 338 Pe kalongan.

Diketahui, pemerintah memberikan izin mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun 2022 ini menjadikan calon pemudik antusias untuk pulang ke kampung halamannya. Hal itu terlihat kendaraan pemudik plat luar daerah sudah banyak yang istirahat di rest area, Jum’at (22/4/2022) sore.

Salah satunya, Abdul Hadi (55) warga asal Indramayu yang hendak mudik ke Lombok bersama anak dan istrinya ini mengatakan, pulang kampung lebih awal ini untuk menghindari kemacetan dan puncak arus mudik.

“Pulang kampung lebih awal, supaya tidak kena macet dan bisa lebih lama di kampung. Nanti kalau pulang kampung dekat-dekat dengan waktu lebaran jalan pasti penuh kendaraan,” kata dia.

“Sudah dua tahun ia bersama keluarganya tidak mudik ke kampung halaman karena pandemi Covid-19. Rasanya senang sekali, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik,” imbuhnya.

Sementara itu, Maneger Teknik dan Operasi Pemalang Batang Tol Road Yulian Sundra Kurnianto mengatakan, untuk persiapan mudik lebaran tahun 2022, PBTR sudah sesuai target yaitu zero lubang di jalan tol.

“Di wilayah PBTR untuk rest area yang di difungsionalkan hanya di KM 338 jalur A,” katanya.

Selanjutnya, untuk persiapan di rest area sendiri saat ini sudah siap, hanya saja ada instruksi dari pusat untuk menambahkan toilet. Selain itu juga ada instruksi pembatasan di rest area yaitu hanya 30 menit.

“Penambahan toliet sudah kami lakukan, total ada sekitar 50 an toilet di rest area KM 338 jalur A,” ujar Yulian.

Ia mengungkapkan, kapasitas parkir kendraaan di rest area KM 338 ini 200 kendaraan. “Puncak arus mudik ini diprediksi terjadi tanggal 29 April 2022,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga saat ini, belum terlihat peningkatan pemudik yang di jalan tol. “Hari ini sudah ada pemudik, namun belum ada peningkatan. Mungkin akhir pekan ini sudah terlihat,” imbuhnya. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini