Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022

Presiden Soekarno yang sedang berpidato di Rapat Istimewa DPR RI tahun 1953. Foto : anri.go.id

SIGIJATENG.ID – Hari Sumpah Pemuda tahun ini dapat diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan mengadakan upacara bendera di daerah masing-masing. Tentunya, dalam sebuah upacara bendera terdapat amanat yang harus disampaikan kepada peserta upacara.

Beberapa referensi teks pidato berikut ini dapat anda jadikan contoh pidato pada saat upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda atau pidato yang dapat disampaikan pada acara-acara lain dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Bukan hanya sebatas rangkaian kata, namun teks pidato juga dapat memberikan semangat dan motivasi untuk semua yang mendengarkan.

Teks Pidato Pertama
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, yang berbahagia.
Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. karena pada pagi hari ini, kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.
Pagi ini tepatnya pada 28 Oktober 2022, segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal tersebut mempunyai arti penting dalam sejarah bangs, karena generasi muda mengadakan kongres II di Jakarta untuk mengikrarkan sumpah sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun isi sumpah para pemuda tersebut ialah:
    Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
    Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
    Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Itulah ikrar Sumpah Pemuda, yang telah dikenal oleh semua lapisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.
Demikian pidato saya dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi makin semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang positif. Kurang lebihnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Teks Pidato Kedua
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, yang berbahagia.
Pada pagi hari ini mari panjatkan puji syukur kepada tuhan atas kelimpahan berkat yang diberikan kepada kita. Hal itu membuat kita semua di sini dapat berkumpul dan memperingati secara serentak Hari Sumpah Pemuda 2022.

Saudara-saudara yang terkasih, kita tahu bahwa Sumpah Pemuda memberikan arti penting bagi para pemuda-pemudi di Indonesia untuk tetap semangat, bersatu dan pantang menyerah dalam membela kebenaran.
Pada saat ini telah banyak sifat para pemuda-pemudi yang acuh tak acuh serta menerapkan sifat individualisme yang akan menghambat kemajuan bangsa Indonesia menjadi sukses dan makmur.

Mari gandeng dan ubah para pemuda pemudi individualisme untuk sama-sama bekerja demi kemajuan bangasa Indonesia yang adil dan makmur.

Demikian pidato saya dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang positif.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Itu tadi dua contoh teks pidato singkat yang dapat anda sampaikan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Semangat pemuda Indonesia untuk membangun negara Indonesia yang lebih maju, adil dan makmur semoga tak pernah luntur. (akhida)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini