66 Ribu Pelaku UMKM Kendal Bersiap Go Internasional di Tahun 2022 Ini

Sejumlah pelaku UKM Kendal antusias mengikuti bazaar di PT Kends Terryham Proplas Indonesia Jalan lingkar Kaliwungu belum lama ini. (Foto : vian/sigijateng)

Caption : Sejumlah pelaku UKM Kendal antusias mengikuti bazaar di PT Kends Teryplash jalan lingkar Kaliwungu belum lama ini. (Foto : vian/sigijateng)

66 Ribu Pelaku UMKM Kendal Bersiap Go Internasional di Tahun 2022 Ini

Kendal (Sigi Jateng) – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kendal menargetkan sebanyak 66.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) disiapkan bisa menuju go internasional untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal.

“Iya di tahun 2022 ini kita persiapkan. Saat ini sudah terdata sekitar 33.000 pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kendal,” kata Kepala Disdagkop-UKM Kendal, Ferinando RAD Bonay, Selasa (1/3/2022).

Ferinando mengatakan, baru sebagian UKM yang sudah melakukan ekspor produk ke mancanegara. Dirinya juga menyadari, masih ada banyak pelaku usaha di Kabupaten Kendal yang belum terdata, namun mempunyai potensi untuk maju.

“Kami harap 66 ribu UMKM di Kendal bisa segera terdata. Dengan jumlah ini, akan banyak produk UMKM yang bisa ekspor ke luar negeri. Dengan dorongan pemerintah daerah melalui pelatihan dan bantuan stimulus untuk pengembangan karya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyebut, ada 30 UKM Kendal yang dipersiapkan bisa ekspor produk masing-masing pada 2022. “Saat ini, mereka sedang mengikuti pelatihan dan bimbingan bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI),” jelasnya.

Bupati berharap, semua persiapan segera rampung agar para pelaku UKM bisa mulai ekspor produk di tahun 2022 ini. “Ada 30 pelaku usaha kecil yang sedang berproses menuju ekspor bersama LPEI. Progresnya cukup baik, kami harap tahun ini bisa menjalankan ekspor,” tandasnya. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini