Layanan Vaksinasi Untuk Nakes Agar Dipercepat, Gubernur Ganjar : Minimal 50 Di Puskesmas dan 200 di RSUD

Gubernur Ganjar Pranowo saat melihat pelaksanaan vaksinasi tenaga kesehatan di Puskesmas Brangsong 2 Senin (25/01/2021) sore.

Kendal (Sigi Jateng) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta agar pelayanan vaksinasi bagi tenaga kesehatan dipercepat. Sehingga vaksinasi untuk tenaga lainnya seperti tenaga pelayanan publik bisa dilakukan.

Hal itu disampaikan Gubernur Ganjar Pranowo usai melakukan monitoring dan melihat pelayanan vaksinasi di beberapa lokasi baik di puskesmas maupun di RSUD di Kendal, Senin (25/01/2021) sore.

Ganjar mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kendal. Ganjar melihat kesiapan pelayanan vaksin yang dilakukan petugas di Puskesmas termasuk mengecek kondisi tenaga kesehatan setelah di vaksin.

Ganjar mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi di setiap Puskesmas, minimal 50 tenaga kesehatan (Nakes) bisa dilayani sehingga dalam waktu dua sampai tiga hari akan selesai. Jika pelaksanaan vaksin untuk tenaga kesehatan bisa digenjot, maka akan bisa selesai dalam waktu cepat.

“Iya ini tadi pelayanan vaksinasi di RSUD Soewondo Kendal tercatat sudah ada 190 an. Saya kira bisa ditingkatkan lagi hingga 200. Sehingga bisa lebih cepat selesai. Nantinya kepala dinas di daerah untuk bersama-sama mempercepat pelayanan, jika sudah selesai daftar perhari segera disusul dengan daftar hari berikutnya,” terang dia.

Termasuk jika dalam daftar jadwal divaksin ternyata ada kendala, lanjut Ganjar, maka secepatnya memberi kabar sehingga bisa diganti dengan yang lain. “Sehingga nantinya tidak menunggu mereka datang, tetapi kita tarik untuk segera dilakukan vaksinasi,” imbuhnya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay.

Menurutnya, dengan cara tersebut maka bisa mempercepat pelaksanaan vaksin untuk tenaga kesehatan dan segera menyiapkan untuk kelompok kedua yakni anggota TNI dan Polri serta tenaga pelayanan publik untuk bisa melaksanakan vaksinasi.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Kendal melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama secara serentak hari ini. Sejumlah pejabat forkopimda Kendal, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan dan tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi di RSUD Soewondo Kendal, Senin (25/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan hari ini ada empat jajaran Forkopimda dan beberapa perwakilan organisasi serta tenaga medis yang mengikuti vaksinasi. Kabupaten Kendal mendapat jatah vaksin ada 7.080.

Dia menyebut dari jumlah vaksin yang diberikan tersebut masih kurang. Untuk pelaksanaannya tanggal 25 – 28 Januari 2021, di 38 lokasi. Dari 38 lokasi tersebut, yakni 30 Puskesmas, lima rumah sakit dan tiga klinik swasta. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini