Jumat 30 Juli PCNU Kota Semarang Gelar Konfercab, Inilah Kandidat Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah

SEMARANG  ( Sigijateng.id) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang, akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) Jumat (30/7) mulai pukul 13.00 hingga selesai di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah, Kalialang, Kecamatan Gunungpati Semarang. Agenda utama adalah memilih pengurus baru, yakni Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah perideo 2021-2026.

Ketua Panitia Dr H Abdul Rohman MAg menjelaskan, Konfercab merupakan permusyawaratan tertinggi untuk penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus, merumuskan pokok-pokok program kerja lima tahun, merumuskan rekomendasi organisasi, pemilihan Rais Syuriyah, Ketua dan pengurus cabang.

Peserta konfercab terdiri 16 Rais Syuriyah dan Tanfidziyah dari Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan se-Kota Semarang. Pengurus PCNU terdiri dari musytasar, syuriyah dan tanfdiziyah.

Menurut rencana upacara pembukaan akan dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan sejumlah kiai khos.

“Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, selain tatap muka juga dilaksanakan secara virtual. Jadi yang tidak bisa masuk ke arena konfercab bisa mengikuti secara online atau daring,”’ kata dosen UIN Walisongo Semarang itu.

Menjawab pertanyaan wartawan, Wakil Ketua PCNU Kota Semarang Agus Fathuddin Yusuf mengatakan, kemungkinan besar Rais Syuriyah KH Hanief Ismail dan Ketua Tanfidziyah Drs H Anasom M.Hum masih akan memimpin PCNU Kota Semarang masa hidmah 2021-2026.

‘’Alhamdulillah di bawah kepemimpinan Kiai Hanief dan Kiai Anasom program-program organisasi, hubungan organisasi internal maupun eksternal bisa berjalan dengan baik. Kalau masih ada kekurangan muga-muga bisa disempurnakan periode lima tahun yang akan datang,’’ kata Dosen Fisip Unwahas Semarang itu.

Mengenai tudingan tidak terjadi regenerasi di PCNU Kota Semarang, Agus Fathuddin membantahnya. ‘’Lho banyak kader yang sudah disiapkan oleh Kiai Hanief dan Kiai Anasom,’’ tegasnya.

Agus menyebut sejumlah nama yaitu Drs KH Adib Fathoni MSi, Drs H Agus Fathuddin Yusuf MA, Dr KH In’amuzzahidin, Dr KH Ahmad Izzuddin, Dr Abdul Rohman, H Merry Suwito, Drs Imam Mursyid MPd, KH Mamnuhin (Gus Nuhin), KH Ali Mas’adi, Dr KH Shidqon Prabowo SH MH dan lain-lain.

‘’Tradisi dan budaya di NU tidak seperti di partai politik, tidak ada pencalonan yang ada penugasan,’’ tegasnya. Kader-kader NU di MWC menurutnya juga banyak yang layak untuk memimpin PCNU kedepan.

Sementara itu dalam rangka Konfercab, Lembaga Bahtsul Masail (LBM) menggelar Bahtsul Masail Diniyah (Pembahasan Masalah-masalah Agama) di Kantor PCNU Jalan Puspogiwang I nomor 47 Semarang, Selasa malam (27/7).

Ketua LBM Kota Semarang KH Sa’dulloh Shodiq Sumardi menjelaskan, pembahasan masalah tentang Covid-19 dengan berbagai implikasi hukumnya. Bahtsul Masail yang dibuka Rais Syuriyah PCNU KH Hanief Ismail Lc menghadirkan narasumber utama Dr H Abdul Hakam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang. Release berita bahsul Masail.

Ketua Panitia Konfercab Dr Abdul Rohman menjelaskan, kegiatan yang diikuti pengurus LBM dan MWC se-Kota Semarang, dilaksanakan secara luring dan daring. ‘’Sebagian kecil hadir di kantor PCNU sebagian lainnya berada di rumah masing-masing,’’ tuturnya.

Rais Syuriyah KH Hanief Ismail Lc mengatakan, bahtsul masail dalam konteks NU memiliki posisi penting. Hal itu karena dalam konteks penyelenggaraan konferensi, bahsul masail merupakan amanat AD-ART NU yang harus dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan konferensi.

‘’Bahsul masail merupakan bentuk respon atau jawaban Nahdlatul Ulama, sebagai organisasi sosial dan keagamaan terbesar di Indonesi terhadap problem-problem sosial keagamaan. Problematika selalu bermunculan dalam kehidupan seiring dengan kehidupan manusia,’’ katanya. ‘’Semua pembahasan tersebut bertujuan khaira ummah, menjadi umat yang terbaik,’’ tandas Kiai Hanief.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Dr H Abdul Hakam menyampaikan terima kasih kepada warga NU yang telah berpartisipasi dalam melawan Covid-19. ‘’Kami juga menyampaikan terima kasih karena warga Nahdliyyin telah mendukung pelaksanaan vaksinasi dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dengan baik,’’ katanya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini