Begini Makna Hari Kartini Bagi Jurnalis Perempuan Blora

Endah Kusumawati saat melakukan wawancara dengan narasumber, Rabu (21/4/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Setiap tanggal 21 April Indonesia memperingati hari lahir Raden Adjeng (RA) Kartini. Peringatan hari Kartini tidak cukup hanya menjadi sebatas acara seremonial saja, tetapi bagaimana memaknai semangat perjuangan Kartini untuk diterapkan sebagai pemicu agar emansipasi dan kesetaraan gender bisa diterapkan dengan sebaik-baiknya, dan dijalankan dalam segala bidang baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya.

Maka tidak salah bila sejumlah perempuan pun memiliki makna tersendiri terhadap hari Kartini. Seperti yang diungkapkan Jurnalis Perempuan di Wilayah Kabupaten Blora.

Endah Kusumawati (47) seorang jurnalis tabloid Infoku menyampaikan, Hari Kartini, erat kaitannya dengan peran kaum perempuan. Peran serta para perempuan telah tercatat banyak di negeri ini. Kiprah mereka bahkan dianggap telah menyamai profesi-profesi yang dilakoni para laki-laki.

Musibah pandemi virus corona (COVID-19) di dunia saat ini, juga memperlihatkan begitu besar peran perempuan. Mereka mengambil bagian untuk semua profesi tanpa terkecuali bidang jurnalistik.

Informasi cepat, aktual, akurat dan berimbang oleh media massa, turut disajikan dari olahan pemikiran para jurnalis perempuan. Mereka bahkan berjibaku di lapangan untuk menyajikan fakta untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Bagian dari perjuangan RA Kartini, perempuan dapat diakui menjadi wartawan tangguh, apalagi di masa pandemi virus corona saat ini, sesuai dengan tema hari kartini saat ini, wanita tetap hebat dimassa pandemi” kata Endah yang terjun didunia jurnalistik sejak tahun 2007.

Endah yang merupakan wartawan wanita senior ini sudah dikenal para pejabat di wilayah Kabupaten Blora, ia mengatakan Menjadi jurnalis dengan modal fisik saja tidak cukup. Tetapi kecerdasan intelektual, keberanian serta bertanggung jawab juga merupakan poin penting.

“Sifat Kartini yang berani, jadi bekal aku dan para teman seprofesi untuk menuntaskan perjuangan Kartini di masa lalu,” kata ibu beranak satu ini.

Bagi Endah hari Kartini dapat menjadi pengingat bagi kita semua bahwa ada wanita yang turut berkontribusi dalam industri ini. Hargai dan hormati wanita dalam menjalankan profesinya. Jangan ada lagi wartawan wanita yang dilecehkan, baik secara fisik atau verbal, baik disengaja atau tidak. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini