Pendonor Darah, Stok Darah Jenis A dan O di UDD PMI Semarang Limit

UUD PMI Kota Semarang

SIGIJATENG.ID, Semarang – Dalam beberapa hari pada bulan Ramadhan ini ketersediaan stock darah berjenis A dan O di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang bisa terbilang sangat terbatas.

Kepala Bagian Pelayanan Donor, Yusti Triwianti mengatakan, keterbatasan stok darah tersebut disebabkan karena pada Bulan Ramdhan ini ada penurunan hingga 20-40 dari total jumlah  pendonor.

“Dua hari ini untuk golongan darah A sama O habis terus. Misal malam datang, itu paginya udah habis, sampai kekurangan. Istilahnya kami tidak bisa nyetok. Kalau yang B dan AB itu masih ada stok lumayan,” ujarnya, Jumat (17/5/2019).

Yusti menerangkan, saat ini pihaknya telah berupaya semaksimal untuk mengedukasi mengajak masyarakat untuk donor darah. Pihaknya juga melakukan berbagai hal untuk meningkatkan jumlah pendonor, seperti memberi apresisasi kepada pendonor berupa 2,5 kg beras.

“Faktor berpengaruh lain yakni banyaknya pendonor yang tidak lolos persyaratan untuk melakukan donor karena berpuasa. Kalau bagi yang puasa dan ingin donor darah, yang penting malemnya jangan lupa sahur sama minum yang banyak, biar tidak dehidrasi,”imbuhnya.

Tidak lolosnya syarat dialami salah satu pendonor, Septi Devi Gempita  (25), terpaksa tidak mendonorkan darahnya karena kondisi tubuhnya tidak memungkinkan untuk melakukan donor.”Sebenarnya pengen donor. Tapi gimana lagi, tadi syaratnya nggak mencukupi kok. Dua atau tiga hari lagi  coba ke sini lagi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini