Banjir Grobogan: Relawan PKS Jateng Bantu Evakuasi dan Distribusikan Ratusan Nasi Bungkus

Relawan PKS saat menyerahkan bantuan makanan kepada warga terdampak banjir di Desa Kemiri Gubug Grobogan. ( foto dok pks)

GROBOGAN (sigi jateng) – Banjir melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Senin malam (05/02/24), mengakibatkan 16 kecamatan dan 64 desa terdampak. Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah segera merespons dengan membantu evakuasi dan distribusi bantuan kepada korban bencana.

Muhammad Afif, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah, mengkonfirmasi bahwa DPW telah mengirimkan para relawan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Afif menyatakan, “Aksi ini dilakukan melalui bidang kepanduan Kabupaten Grobogan, dengan turun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan dukungan kepada korban bencana.”

Nur Edy, Ketua DPD Grobogan, menjelaskan bahwa sekitar 30 relawan PKS turun ke lokasi untuk membantu evakuasi dan pembersihan pasca banjir. Mereka juga mendistribusikan 700 nasi bungkus dan mie instan kepada warga yang membutuhkan.

“Terkini, hampir semua wilayah sudah surut. Pembersihan pasca banjir sedang dilakukan, dan bantuan berupa 500 nasi bungkus dan mie instan telah disalurkan kepada warga terdampak,” ujar Nur Edy.

Relawan PKS saat menyerahkan bantuan makanan kepada warga terdampak banjir di Gubug Grobogan. ( foto dok pks)

Menurut Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) BPBD Grobogan, banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan kiriman air dari hulu sungai Lusi, sungai Serang, dan Sungai Tuntang. Debit air yang tinggi menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan terendam banjir.

Koordinator relawan di posko Kabupaten Gubug, Muhtarom, menyampaikan bahwa meski ada penurunan debit air, relawan PKS tetap siaga. “Kami masih proses menyiapkan nasi bungkus di posko PKS di kantor DPD PKS Grobogan,” tambahnya.

Hingga saat ini, relawan PKS di posko Kabupaten Gubug telah menyediakan bantuan berupa 1000 bungkus nasi, 100 dus mie instan, dan 50 dus air mineral kepada masyarakat terdampak banjir.

Muhammad Afif menegaskan komitmen PKS untuk terus memberikan pelayanan, bantuan, dan dukungan maksimal kepada masyarakat yang terdampak banjir. “Ini adalah bentuk solidaritas dan tanggung jawab sosial PKS sebagai bagian dari masyarakat,” ungkap Afif.

“Aksi kemanusiaan PKS merupakan langkah nyata untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga kebersamaan ini mempercepat proses pemulihan mereka yang terdampak banjir,” pungkas wakil ketua DPRD Kota Semarang itu. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini