Jeritan Warga Sayung Dua Minggu Rumahnya Terendam Banjir

Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, mengunjungi Posko Peduli Banjir Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, (foto jatengprov.go.id)

DEMAK (sigijateng.id) – Senyum puluhan orang di Posko Peduli Banjir Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak mengembang, saat mendapatkan bantuan, yang diserahkan secara simbolis oleh

Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, mengunjungi Posko Peduli Banjir Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (28/3/2024) siang.

Kedatangan Shinta disambut bahagia oleh warga. Shinta datang untuk memberikan bantuan dan sekaligus mendengarkan keluhan warga.

Kedatangan Shinta seolah menjadi spirit tersendiri bagi warga, agar lebih kuat melewati hari yang belum benar-benar pulih.

Warga satu per satu secara singkat menceritakan kondisinya selama ini dalam menghadapi bencana banjir. Ya, beberapa waktu terakhir memang sebagian besar Kabupaten Demak terendam banjir.

“Rumah kami kemasukan banjir. Sudah hampir dua minggu ini masih terendam. Airnya sampai sekitar (ketinggian banjir) segini, Bu,” ungkap seorang dari mereka, Sa’adah (45), saat berbincang akrab dengan Shinta, dikutip dari laman jatengprov.go.id.

Shinta yang mendengar berbagai keluhan masyarakat korban banjir pun berusaha menguatkan mereka.

“Sabar, semua akan berlalu. Apalagi tanggul yang jebol juga sudah ditangani,” kata Shinta yang seksama mendengar berbagai keluhan tersebut.

Perwakilan Tim PKK Jateng dan Demak menyempatkan hadir ke salah satu posko peduli banjir, sebagai bentuk perhatian kepada warga terdampak banjir.

Hal itu mereka lakukan seusai mereka mengadakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Auditorium Kantor Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (28/3/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Shinta menyampaikan, banjir memang telah mengakibatkan masyarakat mengalami kerugian. Mulai dari kesehatan yang terganggu, seperti diare, batuk, pilek, dan gatal-gatal. Selain juga kerugian materi, antara lain rumah hancur dihantam banjir, harta benda yang rusak, sampai tidak adanya air bersih.

“Kita sebagai masyarakat, marilah kita melakukan upaya pencegahan banjir dengan gotong royong, membersihkan lingkungan sekitar dan menjaga kebersihan, tidak membuang sampah ke sungai. Mudah-mudahan tidak akan terjadi banjir lagi,” ujarnya.

Ditambahkan, TP PKK bersama Baznas dan Bank Jateng memberikan bantuan kepada korban banjir berupa 600 paket sembako, pakaian pantas pakai, pembersih lantai, dan lainnya. Hal itu merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak.

“Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kita di tengah masyarakat Kabupaten Demak yang terkena musibah banjir. Selain bantuan sembako bagi masyarakat, kami mengharapkan Pemerintah Kabupaten Demak yang hadir juga untuk memberikan bantuan untuk pemulihan kesehatan, bagi warga yang terkena musibah banjir,” ujarnya.

Shinta menerangkan, bakti sosial yang diadakan TP PKK Jateng merupakan wujud konsistensi jajarannya, dalam menjalankan tugas pembangunan untuk kepentingan masyarakat dan bangsa.

“Bakti sosial yang kita adakan hari ini bukan sekadar seremonial, tetapi lebih pada terkandung makna agar kita semakin peduli dan sensitif terhadap lingkungan kita. Bahwa di tengah pembangunan di berbagai bidang, masih ada orang-orang dan keluarga yang butuh santunan, uluran tangan, dan perhatian kita bersama,” ucapnya.

Penerima bantuan, Azizah, asal Desa Babadan RT 03 RW 05, Kecamatan Sayung, sangat senang dengan kunjungan Pj Ketua TP PKK Jateng ke lokasi posko peduli korban banjir.

“Tadi mendapatkan pesan dari Ibu Pj (Shinta) untuk menjaga lingkungan. Tadi diberi bantuan paket sembako, beras, mi, kopi dan lainnya. Alhamdulilah, kegiatan sangat membantu. Saya ucapkan terima kasih pada bapak dan ibu Pj gubernur atas bantuannya, yang sangat mengurangi beban warga yang terkena banjir,” tuturnya. (rizal)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini