Liga 1 2019 Digelar 8 Mei, Inilah Tanggapan CEO PSIS Yoyok Sukawi

Yoyok Sukawi saat menyaksikan timnya bertanding. ( foto IG @yoyok_sukawi)

SIGIJATENG.ID, Semarang — Operator kompetisi Liga 1 yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB), telah mengeluarkan draft atau rancangan jadwal sementara untuk musim 2019.  Menurut draft jadwal yang dirilis oleh PT LIB, Liga 1 2019 akan berlangsung mulai 8 Mei hingga 22 Desember 2019. Itu artinya, start kompetisi tahun ini sudah masuk bulan Ramadhan.

Dari jadwal yang keluar, Juara Liga 1 Tahun 2019, Persija Jakarta akan bermain melawan tim promosi Semen Padang 8 Mei. Sedangkan tim Mahesa Jenar berkesempatan melakoni laga perdana dengan melawat ke markas Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, pada 14 Mei mendatang.

Manajemen PSIS Semarang merespon postif dengan adanya jadwal sementara itu. CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengaku telah menerima jadwal sementara dari operator kompetisi dan antusias menyambutnya.

“Jadwalnya bagus, cukup fair untuk jatah weekend merata semua klub Liga 1. Saya harus bertepuk tangan untuk LIB. Tidak ada masalah pertandingan pertama kami harus away ke kandang Barito. Dengan jadwal yang sudah dirilis, jadi tim-tim Liga 1 sudah bisa menyesuaikan program latihan dengan kick-off,” terang Yoyok Sukawi, Selasa (9/4/2019).

Keluarnya jadwal kompetisi, PSIS pun siap mematangkan persiapan. Termasuk program uji coba yang dirancang. General Manager PSIS , Wahyu Winarto menambahkan, pihaknya belum ada agenda menggelar uji coba dengan tim selevel. Uji coba kemungkinan besar akan dilakukan setelah pelaksanaan pemilu.

“Sesuai program memang ada uji coba, tetapi akan kita lakukan usai pemilu. Beberapa tim sudah menawarkan diri. Kami berencana setelah 17 April baru bisa uji coba. Perizinan keamanan menjelang pemilu seperti ini sangat sulit,” ujar Wahyu Winarto.

Sementara itu, mulai pekan ini skuad besutan Jafri Sastra sudah memasuki fase pra kompetisi dengan memperbanyak uji coba. Akhir pekan kemarin, Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan menjajal klub Liga 3 Persikama Kabupaten Magelang secara tertutup dan hasilnya PSIS menang telak 10-0, Sabtu (6/4/2019).

Jafri pun cukup semringah dengan perkembangan yang dicapai anak asuhnya. Kolaborasi pemain lama dan rekrutan anyar sudah mulai nyetel dengan skema permainan yang dia inginkan.

Jefri Sastra mengatakan, pasukannya saat ini sudah cukup kompetitif untuk bersaing di Liga 1 2019. “Di Piala Presiden kemarin kami masih bisa bersaing meski skuad belum komplit. Sekarang tim mulai lengkap dan kami tinggal menunggu satu pemain asing lagi untuk posisi gelandang bertahan,” kata Jafri Sastra, Selasa (9/4/2019).

Musim Liga 1 2019 ini, setidaknya PSIS sudah merekrut 12 muka baru. Mereka adalah Ganjar Mukti, Kelvin Woppi, Soni Setiawan, Fauzan Jamal, Arthur Bonai, Heru Setyawan, Septian David Maulana, Claudir Marini Jr, Wallace Costa, Shohei Matsunaga, Riyan Ardiansyah dan Endang Subrata.

Dua nama terakhir baru teken kontrak awal pekan ini. Riyan, bek 22 tahun jebolan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Mahasiswa (PPLM) dan terakhir bermain di Liga 2 bersama Persiwa Wamena. Sedangkan Endang berposisi sebagai penjaga gawang juga eks Persiwa.

Selain rekrutan anyar, PSIS juga mempromosikan sejumlah penggawa tim U-19. Di antaranya M Fadli, Aqsha Saniskara, Yoga Adiyatama, Eka Febri dan Tegar Infantrie.

“Untuk fisik kami anggap sudah cukup, kecuali pemain yang baru bergabung akan ada program sendiri. Sekarang kami akan fokus mematangkan taktikal dan kerja sama tim melalui laga uji coba,” beber Jafri. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here