Rayakan HPN PWI Jateng Gelar ‘Talkshow 4 Rektor Bicara Media’, Inilah Link Zoomnya

Fleyer Talkshow 4 Rektor HPN PWI Jateng. ( foto dok pwi jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Jawa Tengah tahun 2022, PWI Jateng menggelar diskusi perkembangan pers masa kini yang dikemas dalam ‘Talkshow 4 Rektor’ melalui aplikasi zoom meeting pada Rabu (16/2) besok mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Acara spesial perayaan HPN yang melibatkan para akademisi ini, diperkirakan diikuti ratusan peserta dari unsur PWI Jateng, PWI kabupaten/kota, praktisi media, kalangan dosen, mahasiswa, dan pengelola perguruan tinggi di Jateng.

Ketua Panitia HPN tingkat Jateng Solikun menjelaskan, talkshow yang mengusung tema ‘Refleksi Hari Pers Nasional 2022’ akan menghadirkan Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari ST MT selaku tuan rumah, Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Prof Dr Gunarto SH MHum, Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, serta Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi.

Acara ini dimoderatori praktisi media sekaligus Ketua Departemen Komunikasi Fiskom Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Budhi Widi Astuti SIKom MA.

Background untuk Acara ‘Talkshow 4 Rektor Bicara Media’ ( foto dok pwi jateng)

Menurut Solikun, kegiatan ini bertujuan melakukan sharing dan transfer ilmu pengetahuan atas perkembangan media massa masa kini baik itu media arus utama (mainstream) maupun media sosial.

Keterlibatan empat rektor tersebut, kata dia, sangat tepat dan strategis karena di perguruan tinggi USM, Unissula, Udinus dan Unika Soegijapranata memiliki program studi ilmu komunikasi dan produk komunikasi.

”Ini artinya kampus mereka selalu concern dalam melakukan kajian secara keilmuan tentang perkembangan komunikasi dan media masa kini. Harapan kami, insan pers bisa mempelajari dan mendapatkan masukan terkait penelitian dan kajian spesifik perkembangan media arus utama dan medsos, sehingga kita bisa menyiasati secara bijak dan cerdas,” kata Solikun dalam siaran persnya, Selasa (15/2/2022).

Selain itu, melalui dialog ini, menguatkan sinergi antara PWI Jateng dan kampus dalam pengembangan kurikulum sekolah jurnalistik. Menurut dia, keterlibatan praktisi media dari kalangan kampus sangat diperlukan dalam penyusunan metodologi dan kurikulum sekolah jurnalistik yang dikembangkan PWI bersama perguruan tinggi.

”Talkshow ini juga diikuti oleh kalangan dosen dan mahasiswa. Bagi mahasiswa tentu sangat bermanfaat karena menjadi bekal ketika mereka kelak berkecimpung di dunia jurnalistik. Mereka menjadi paham perkembangan media dan seperti apa tantangan industri media di era kekinian,” kata Wakil Ketua PWI Jateng Bidang Pendidikan itu.

Ditambahkan Solikun, segala persiapan sudah dilakukan guna menyukseskan acara yang pertama kali digelar ini dalam rangka HPN. Agenda ‘Talkshow 4 Rektor Bicara Media’ disiarkan langsung TVKU dan Live streaming di YouTube channel TVKU juga USM channel.

Susunan acara talkshow dimulai dari Registrasi peserta (masuk Zoom), pembukaan sekaligus mengajak berdoa (MC), mendengarkan Lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS, sambutan Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD selanjutnya acara inti Talkshow 4 Rektor dipandu Kepala Departemen Komunikasi Fiskom UKSW Budhi Widi Astuti SIKom MA.

Talkshow 4 Rektor dapat diakses melalui link zoom : https://us02web.zoom.us/j/9197179999?pwd=bTFDR1pGMGwwN2laWldvanBUOTcxdz09 (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini