18 Oktober Diperingati Sebagai Hari Menopause Sedunia

Ilustrasi: 18 Oktober Diperingati Sebagai Hari Menopause Sedunia (foto pixabay.com)

SIGIJATENG.ID – Hari Menopause Sedunia diperingati setiap tanggal 18 Oktober. Ditetapkannya tanggal 18 Oktober sebagai Hari menopause untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak kondisi tersebut terhadap kehidupan perempuan di seluruh dunia. Hari Menopause Sedunia didirikan pada tahun 1984 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Masyarakat Menopause Internasional (IMS).

Menopause sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan penurunan alami hormon reproduksi perempuan yang biasanya dimulai antara usia 45 hingga 55 tahun. Usia seorang wanita akan mengalami menopause sangat bervariatif. Hal ini sangat bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti keturunan, kesehatan umum dan pola kehidupan.

Diagnosis menopause dibuat setelah berhentinya haid (amenorea) sekurang-kurangnya satu tahun. Berhentinya haid dapat didahului oleh siklus haid yang lebih panjang, dengan perdarahan yang berkurang.

Namun, walaupun mempengaruhi kehidupan perempuan, menopause masih belum banyak dibicarakan. Adanya hari ini diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk mendorong penelitian medis lebih lanjut tentang menopause.

Selain untuk meningkatkan kesadaran mengenai menopause, adanya Hari Menopause Sedunia juga untuk mendukung upaya perbaikan kesehatan dan kesejahteraan wanita pada usia pertengahan dan setelahnya.

Namun, menopause juga mungkin terjadi pada wanita muda, yaitu pada wanita yang menjalani operasi pengangkatan ovarium. Saat menopause terjadi perubahan tubuh wanita akibat berhentinya produksi esterogen dimana esterogen paling aktif pada jaringan yang membentuk saluran alat kelamin wanita dan payudara.

Kekurangan hormon estrogen juga berpengaruh pada fungsi susunan saraf pusat, terutama terhadap suasana hati, fungsi kognitif dan sensorik serta perilaku sehingga timbul perasaan seperti mudah tersinggung, cepat marah dan merasa tertekan. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini