Kesalahan-Kesalahan yang Membuat Anda Susah Menguasai Bahasa Inggris

Ilsutrasi: Kesalahan-Kesalahan yang Membuat Anda Susah Menguasai Bahasa Inggris. (foto pixabay.com)

SIGIJATENG.ID – Mahir dalam berbahasa Inggris nampaknya sudah menjadi suatu keharusan di era globalisasi seperti sekarang. Kemampuan ini tidak hanya memberi keuntungan di dunia kerja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena ketika seseorang mampu berbahasa Inggris dengan baik, maka relasi yang bisa dibangun oleh orang tersebut semakin luas dan banyak.

Sayangnya, tidak semua orang mampu berbahasa Inggris. Apakah anda salah satu di antaranya? Jangan berkecil hati dulu karena bahasa ini bisa dipelajari. Untuk memudahkan prosesnya nanti, hindarilah 6 kesalahan berikut ini:

  1. Menganggap Belajar Bahasa Inggris Bukan Suatu Keharusan

Di era modern seperti ini, Bahasa Inggris adalah suatu kebutuhan dan keharusan, kenapa? Karena bahasa Inggris selain merupakan bahasa Internasional yang memang harus dikuasai juga akan memudahkan dalam menambah ilmu pengetahuan dari buku-buku yang belum diterjemahkan. Dengan menguasai bahasa Inggris maka secara tidak langsung anda telah memasuki cakrawala dunia, anda membantu diri sendiri untuk menelusuri ke cabang-cabang ilmu pengetahuan lain sebagai tambahan ilmu pengetahuan anda sebelumnya.

  1. Kurangnya Motivasi

Ketika motivasi tidak datang dari dalam diri sendiri lalu bagaimana mulai Belajar bahasa Inggris? Motivasi diri anda untuk belajar menguasai Bahasa Inggris. karena anda sudah tahu pentingnya bahasa Inggris, tekadkan dalam diri bahwasannya anda harus bisa.

  1. Kurangnya Kepercayaan Diri (Self-Confidence)

Anda bukan tidak bisa, anda hanya tidak percaya diri. Setelah berhasil memotivasi diri, anda harus melangkah ke tahap ini. Bangun kepercayaan diri, tanamkan dalam diri anda “kalau orang lain bisa kenapa saya nggak bisa?!”

  1. Terpaku pada Grammar (Tata bahasa)

“Apa yang tadi saya ucapkan grammarnya sudah benar ya?” “Duh bisa malu nih kalau salah, duh takut ah” Pikiran yang seperti ini yang bisa menghambat anda dalam belajar bahasa Inggris. yang harus diingat, grammar memang penting, tetapi berani praktek jauh lebih penting.

Ketika anda terus memberanikan diri untuk speak speak and speak anda juga bisa belajar grammar dan mempraktekkan setiap hari menggunakan tata bahasa yang baik, lama kelamaan anda akan terbiasa walaupun butuh proses. Tetapi ingat jangan pernah takut salah hanya karena anda merasa grammar anda belum baik.

  1. Kurangnya Kosakata (Vocabulary)

Salah satu penghambat dalam belajar bahasa Inggris juga karena kurangnya kosakata, mengapa? Untuk berbicara dalam bahasa Inggris pasti kita butuh banyak kata yang dikuasai, karena untuk lancar anda pasti perlu tahu bhs Inggris kata-kata yang akan anda bicarakan.

Nah utk itu, anda harus memperkaya vocab anda, gimana caranya? Dengan cara banyak baca buku, tidak usah yang sulit, cukup baca dongeng atau cerita anak-anak yang easy reading atau mudah dibaca atau banyak nonton film berbahasa inggris atau sering-sering dengar lagu bahasa inggris dan cari tahu artinya.

  1. Tidak Punya Partner Speaking (Bicara)

Memang gampang-gampang susah menemukan partner yang mau sama-sama belajar bahasa inggris, tapi di dunia yang sekarang serba digital memudahkan kita untuk mencari orang-orang yang se passion dengan kita, bisa dengan bergabung ke fanpage bahasa inggris, buat grup bahasa inggris kemudian bagikan untuk menjaring teman-teman se-visi, intinya jaman sekarang mudah menyari partner in learning English.

Coba anda praktekkan satu per satu tips yang sudah disebutkan, semoga bermanfaat dan membuat anda lancar berbahasa Inggris! (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini