Perpustakaan Kreatif Mudal Temanggung Setelah 11 Tahun Berdiri, Seperti Ini Kondisinya Sekarang

Perpustakaan Kreatif Mudal Temanggung yang kini selalu dikunjungi warga setempat. ( foto ist)

TEMANGGUNG (Sigi Jateng) – Salah satu desa di Temanggung yang memiliki perpustakaan desa adalah Desa Mudal Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung dengan nama Perpustakaan Kreatif Mudal. Dan ternyata, perpustakaan Kreatif Mudal sudah berdiri sejak 11 tahun lalu. Bagaimana kondisinya?

Setelah 11 tahun berdiri, perpustakaan Desa Mudal telah memiliki ratusan koleksi buku. Lebih dari itu, juga dilengkapi dengan berbagai layanan, seperti internet gratis, akses menonton film dan juga bimbingan belajar. Selama seminggu hanya buka tiga hari, yakni setiap hari Senin, Rabu dan Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 13.00.

Perpustakaan Kreatif Desa Mudal yang berdiri di balai desa setempat selalu ramai dikunjungi. Dan pada bulan puasa ini jumlah pengunjung meningkat. Tidak sekadar membaca buku, para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan menonton film, surfing di dunia maya secara gratis, dan di perpustakaan ini, siswa sekolah dasar bahkan bisa mendapatkan bimbingan belajar gratis dari relawan perpustakaan.

“Syukur alhamdulilah masyarakat di sini sangat merespon positif adanya perpustakaan ini. Mereka khususnya anak-anak, selalu menyempatkan diri datang ke perpus desa. Ada yang sekadar membaca, bermain internet bahkan bisa layanan bimbel gratis,” terang Kepala Perpustakaan Kreatif Mudal, Sri Endah dikutip dara laman jatengprovgoid, Kamis (22/4/2021)

Sri Endah menerangkan, Perpustakaan Kreatif Mudal didirikan Mei 2010, dibangun dari anggaran desa. Semula hanya memiliki puluhan koleksi buku, seiring perjalanan waktu koleksi buku terus bertambah hingga kini mencapai ratusan, dari buku fiksi maupun nonfiksi. Dan kini tengah mempersiapkan diri maju lomba perpustakaan desa tingkat provinsi.

“Dulu bukunya dari anggaran desa, terus bertambah dari bantuan provinsi, perpustakaan kabupaten dan donasi dari perorangan,” katanya.

Ditambahkan, di perpustakaan kreatif ini juga memberikan bimbingan belajar yang diampu oleh relawan dan tim pengerak PKK Desa Mudal. Bimbingan belajar ini meliputi pengerjaan tugas yang diberikan oleh sekolah, dan persiapan siswa untuk menempuh ujian sekolah.

“Di sini anak-anak siswa SD juga bisa mendapat bimbingan belajar, bisa belajar menyelesaikan tugas sekolah, dan juga bimbingan yang mau menghadapi ujian sekolah,” katanya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Perpustakaan Kreatif Mudal, Velota, siswi kelas enam sekolah dasar, mengaku senang bisa berlama lama di perpustakaan. Karena di tempat itu ia bisa membaca buku, nonton film, dan belajar bareng dengan teman.

“Senang bisa di sini, bisa baca buku apa saja, dari buku pelajaran hingga buku cerita, bisa nonton film, dan juga menyelesaikan tugas sekolah bareng teman,” ujarnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini