PSSI Usul Kompetisi Liga 1 Bergulir Mulai 3 Juli

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ( foto pssi.org)

JAKARTA (Sigi Jateng) – PSSI mengajukan permohonan ke pemerintah dalam hal ini Kemenpora agar Kompetisi Sepak Bola Liga 1 tahun 2021 bisa mulai di gelar 3 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut terkuak saat Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Rabu (21/4), di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Seperti dilansir laman pssi.org, pertemuan tersebut membahas berbagai hal seperti laporan turnamen Piala Menpora dan persiapan kompetisi Liga 1 2021. Pada kesempatan tersebut ini, Ketum PSSI didampingi oleh Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Plt Sekjen Yunus Nusi, Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita.

Iriawan mengatakan, PSSI melaporkan kegiatan Piala Menpora 2021. Turnamen tersebut hingga saat ini berjalan lancar dan bersiap menghadapi laga final pada tangga 22 dan 25 April mendatang.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada pak Menpora (Zainudin Amali) yang dapat menerima PSSI hari ini. Kami laporkan semua proses jalannya Piala Menpora dengan baik serta sesuai timeline dan protokol kesehatan yang ketat. Insya Allah hingga babak final berjalan lancar,” kata Iriawan.

Pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut juga menambahkan PSSI melaporkan serta mengapresiasi kepada suporter yang sanggup memenuhi janjinya untuk tidak datang ke stadion. Suporter bahkan tidak melakukan nonton bareng dan memberikan dukungan yang kreatif serta unik dari rumah masing-masing.

“Kami juga melaporkan perencanaan kompetisi Liga 1. Surat menyurat untuk Menpora, Kepolisian dan juga Satgas Covid sedang PSSI siapkan. Kami ingin Liga 1 bergulir pada 3 Juli, itu waktu yang tepat sampai Maret 2022. Kita menunggu sampai laga final Piala Menpora, tentu Polri akan melihat serta melakukan evaluasi dari pertandingan-pertandingan di Piala Menpora,” tambah Iriawan.

Iriawan optimistis pihak Kepolisian dan pemerintah akan memberikan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2. Hal ini karena turnamen pra musim Piala Menpora 2021 sampai menjelang akhir berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Kami optimistis pemerintah dan kepolisian dapat memberikan izin buat Liga 1 dan Liga 2. Piala Menpora ini adalah ujian buat federasi soal penerapan prokes. Kami berharap semua bisa berjalan normal dan tanpa hambatan sama sekali,” tukasnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi PSSI terkait laporan penyelenggaraan Piala Menpora serta perencanaan kompetisi Liga 1 2021.

“Kami berharap sisa tiga pertandingan Piala Menpora berjalan dengan lancar dan suporter tetap menonton di rumah saja. Yang ingin nonton bareng dan lain-lain, bisa tolong dicegah oleh ketua suporter masing-masing,” kata Zainudin Amali.

“Tadi PSSI berkeinginan pada 3 Juli bisa bergulir kompetisi Liga 1. Saya sampaikan sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengkaji dan mendiskusikan dengan PSSI terkait gelaran kompetisi nantinya,” tambahnya.

Turnamen Piala Menpora 2021 saat ini menyisakan tiga pertandingan saja. Pertandingan tersebut yakni laga final Persija melawan Persib pada 22 dan 25 April di Stadion Maguwoharjo Sleman serta Stadion Manahan Solo. Selain itu ada laga perebutan peringkat ketiga yakni PSM Makassar versus PS Sleman pada 24 April di Stadion Manahan Solo. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini