Jaga Ketahanan Pangan dan Bina UMKM di Masa Pandemi, Tim Asistensi Polda Jateng Apresiasi Polres Batang

Bupati Batang Dr. Wihaji, S.Ag.,M.Pd, Ketua Tim Asistensi Kasubdit Bintibluh Dit Binmas Polda Jateng AKBP Drs. Muh Toha, M.M, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras SIK saat peninjauan kebun sayur hasil pembinaan Bhabinkamtibmas Polsek Kota Batang di Desa Denasri Kulon.

BATANG (Sigi Jateng) – Tim Asistensi Polda Jawa Tengah mengapresiasi Polres Batang dalam menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Batang di masa pandemi Covid-19.

AKBP Moh Toha, Ketua Tim Asitensi Polda Jateng mengatakan, menghadapi pandemi Covid-19 Polres Batang telah nyata melakukan pendampingan kegiatan ekonomi masyarakat dengan eksis.

Melalui peran Bhabinkamtibmas Polres Batang mampu memotivasi dan melakukan inovasi bagi warga desa untuk tetap melakukan aktivitas ekonomi.

“Saya sudah melihat secara nyata, Bhabinkamtibmas Polres Batang memberikan bimbingan dalam aktivitas ekonomi secara online bagi pelaku UMKM,” kata AKBP Moh Toha, disela mengunjungi Kampung Siaga Candi Desa Denasri Kulon Batang, Senin (27/7).

Salah satu bukti nyata dalam mengatasi ketahanan pangan ini para Bhabinkamtibmas menggerakan dan memotivasi warga dengan berkebun dan beternak yakni memanfaatkan lahan yang tidak produktif.

“Ada kebun pertanian sayur bayam, timun dan pare, serta peternakan ikan lele. Ini merupakan gambaran dalam mengatasi ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat,” terang dia.

Bupati Batang Wihaji, juga mengapresiasi program Polda Jateng melalui Kampung Siaga Candi (Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi, Inovasi). “Ini bukti nyata peran Bhabinkamtibas ternyata mampu membina warga dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayuran sehingga ekonomi tetap pulih dan terjaga,” bebernya.

Baca Berita Lainnya

Kapolres Batang AKBP Abdul Waras menambahkan, tujuan program Kampung Siaga Candi agar Bhabinkamtibmas bisa memberikan pembinaan serta ikut membantu pemulihan ekonomi dan menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Hingga saat ini ada 15 Kecamatan yang sudah melakukan pembinaan UMKM dan pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian sesuai kearifan lokal desanya,” tandas Kapolres. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini