Istri Kawin Lagi karena Suami Meninggal, Siapa Pasangannya di Akhirat Kelak?

Ilustrasi

SIGIJATENG.ID – Islam membolehkan seorang istri yang ditinggal mati suami kemudian menikah lagi atau tetap bertahan menjanda sampai meninggal. Jika memilih menikah lagi, bahkan bisa jadi sampai menikah lagi  hingga beberapa kali dengan sebab suami meninggal, kelak diakhirat dia akan bersama suami yang ke berapa?

Seperti dilansir di nuonline, seorang perempuan yang melangsungkan akad perkawinan beberapa kali baik karena sebelumnya bercerai atau ditinggal mati suami, tetap akan bertemu dengan suaminya kelak di akhirat. Kemudian siapa yang akan menjadi suaminya di akhirat nanti, kami menemukan pelbagai pandangan. Sedikitnya, kami menemukan empat pendapat berbeda perihal laki-laki yang akan menjadi suami dari perempuan yang melakukan perkawinan beberapa kali.  

Pertama, perempuan yang menikah beberapa kali kelak di akhirat akan bersuami dengan laki-laki pertama yang menjadi suaminya karena suami pertama yang mengawali keperawanannya. (Syekh Abdul Wahhab As-Sya’rani, Muhktashar Tadzkiratul Qurthubi, [Semarang, Maktabah Usaha Keluarga: tanpa tahun], halaman 103).

Kedua, perempuan yang menikah beberapa kali di dunia diperbolehkan memilih siapa di antara laki-laki yang pernah mengawininya untuk menjadi suaminya kelak di akhirat. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Abu Bakar Ibnul Arabi.

Ketiga, Ketiga, perempuan yang menikah beberapa kali kelak di akhirat akan bersuami dengan laki-laki terakhir yang menjadi suaminya. As-Sya’rani mengutip hadits riwayat sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman.

Keempat, perempuan yang menikah beberapa kali kelak di akhirat akan bersuami dengan laki-laki yang paling baik akhlaknya. As-Sya’rani mengutip hadits riwayat At-Thabarani dan Al-Bazzar dari Ummu Habibah yang bertanya kepada Rasulullah perihal perempuan yang pernah menikah dua kali.

Silahkan Baca Artikel Lengkapnya : Istri Ditinggal Mati Suami dan Pilih Menikah Lagi

(nuonline/aris)

Berita Terkini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini