Penting!! Inilah Enam Tips Memilih Hewan Kurban

Dispertan Kendal, melakukan cek kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. ( foto dye/sigijateng.id).

SIGIJATENG.ID, – Menjelang Hari Raya Idul Adha, perlahan lapak penjualan hewan kurban mulai bertebaran di sudut-sudut kota. Walau begitu, tidak ada salahnya Anda mulai mencari tahu kriteria hewan yang layak untuk menjadi tanda wujud cinta kasih kepada Allah SWT. Pada dasarnya, hewan yang layak dikonsumsi dagingnya dapat dilihat dari sifat fisik hewan kurban itu sendiri.

Memang tak bisa sembarangan dalam memberikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha kali ini. Hewan kurban terbaik yang Anda berikan tentu juga menjadi amalan terbaik. Bayangkan saja andai ini menjadi kurban terakhir, tentu kita telah memberikan yang terbaik untuk amalan terbaik. Nah, seperti apa tips memilih hewan kurban? Berikut tips memilih hewan ternak untuk kurban yang layak dari Ajat Sudrajat, Manager Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa, dimuat di dompetdhuafa.org.

Tahapan pertama, hewan kurban yang akan diberikan adalah hewan ternak seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau seperti yang telah menjadi ketentuan.

Kedua, Sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan kita kurbankan  berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun.

Ketiga, hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.

Keempat, hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Kelima, tidak kurus dan cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada). Karena dengan memberikan yang terbaik, tentu kita akan meraih hasil terbaik pula.

Keenam, ini menjadi tambahan saja karena hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih dan mengilap, nafas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.Nah, itulah tadi enam tips memilih hewan ternak untuk menjadi pengantar kebaikan kurban Anda. Semoga bermanfaat.  (editor : A Syaefudin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini