Penderita DBD meningkat, Berikut Saran Mbak Tia Hendi

Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi minta masyarakat giatkan 3M Plus. (foto dian/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian di Kota Semarang. Hal tersebut mengingat, di musim penghujan, banyak tempat yang mendukung perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypty tersebut.

Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi mengatakan, seluruh lapisan masyarakat perlu meningkatkan kebersihan lingkungan sekitarnya untuk memutus mata rantai nyamuk Aedes Aegypty tersebut.

‘’Di Semarang tahun ini kasus DB naik. Ada satu kelurahan 17 hingga 19 kasus. Persoalannya kenapa? Padahal PSN jalan. Ternyata di wilayah itu ada rumah gedongan. Waktu ditinjau, itu di kolam renangnya jadi tempat jentik nyamuk,’’ kata Tia Hendi, Rabu (20/2/2019).

Tia menambahkan, terkait DBD, masyarakat diharapkan menggalakkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M. Yakni Menguras, menutup penampungan air, dan mengubur barang-barang yang sifatnya mampu menjadi tempat sarang nyamuk.

‘’Jadi harapannya melakukan 3M plus, yaitu menguras, menutup dan mendaur ulang, serta melaksanakan upaya bagaimana terhindar dari gigitan, misalnya ada tanaman lavender, memelihara ikan, dan lainnya. Ini penting dilaksanakan juga,’’ imbuhnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here