Mahasiswa Undip Kenalkan Nugget Berbahan Singkong, Mudah dan Enak Lho…

Tim KKN Undip Desa Kecepak melakukan simulasi pembuatan cassbrown

SIGIJATENG.ID, Batang –  Mahasiswa KKN Undip Tim 1 di Desa Kecepak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang mengadakan sosialisasi dan simulasi  pendampingan pembuatan produk olahan singkong sebagai produk unggulan desa setempat.

Kegiatan multidisiplin yang dilaksanakan Kamis (7/02) di Balai Desa Kecepak ini dihadiri kurang lebih 20 orang Tim Penggerak PKK Desa Kecepak.

“Saya berterima kasih karena mahasiswa KKN Undip mau memberikan ilmu dan pelatihan kepada Tim Penggerak PKK Desa Kecepak. Saya harap peserta dapat memperhatikan dengan cermat agar informasi yang disampaikan dapat diaplikasikan,” ucap Gendhis Ayu Kinanti, S.Pd, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kecepak dalam sambutannya.

Kegiatan tersebut dimulai dari edukasi manfaat singkong. Pembuatan produk olahan singkong Desa Kecepak ini sama dengan pengolahan nugget pada umumnya. Namun perbedaan terletak pada bahan baku yang 100% menggunakan singkong, tidak terdapat campuran daging atau ikan.

Produk tersebut diberi merek dagang Cassbrown (Cassava Brown), yang diadaptasi dari produk Hash Brown yang berbahan dasar kentang.

Mahasiswa KKN Undip Tim 1 memilih singkong sebagai bahan pengganti daging karena hampir semua warga Desa Kecepak menanam singkong di pekarangan rumahnya. Hal ini tentu memberikan efektifitas pada penekanan biaya bahan baku.

Saat acara simulasi, para peserta terlihat antusias, dapat dilihat dari diskusi dan tanya jawab yang aktif dari kedua belah pihak. “Pelatihannya sangat menarik, olahan singkong yang dihasilkan juga menarik dan berbeda dari yang lain, dan yang terpenting murah,” ucap Kusjariyah salah satu Tim Penggerak PKK Desa Kecepak.

Kegiatan ini memberikan tambahan pengetahuan untuk Tim Penggerak PKK Desa Kecepak dan Mahasiswa KKN Undip Tim 1 sendiri.

“Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan untuk memperlihatkan potensi Desa Kecepak menuju “Batang 2022 Heaven of Asia”, sesuai tagline Kabupaten Batang,”  tambah Kusjariyah.

Cassbrown dai singkong

Berikut bahan cara membuat olahan singkong menjadi Cassbrown

Berikut bahan yang diperlukan antara lain :

Singkong kukus halus 400 gram, Garam ½ sdm, Gula pasir ½ sdt, Merica, bubuk ½ sdt, Putih telur kocok lepas 2 butir, Bawang putih cincang 3 siung, Bawang bombay cincang ½ buah, Tepung terigu 1 sdm

Bahan Pelapis :

Putih telur kocok lepas 2 butir, Panir kasar 80 gram

Cara Membuat cassbrown :

Sediakan wadah yang akan digunakan untuk mencampur bahan

Masukkan singkong, bawang putih, bawang bombay, tepung terigu, garam, gula, merica dan putih telur

Aduk semua bahan yang telah dimasukkan sampai tercampur rata

Sediakan alumunium foil kemudian olesi dengan margarin

Masukkan adonan yang sudah jadi ke alumunium foil

Kemudian kukus dengan api sedang kurang lebih 10 menit atau setengah matang

Keluarkan dari kukusan dan bentuk cassbrown sesuai selera selagi hangat, karena jika dingin cassbrown akan sulit dibentuk

Masukkan cassbrown ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan ke dalam tepung panir kasar

Goreng menggunakan minyak hingga cassava menjadi coklat tua

Cassava siap untuk dinikmati. (*)

Berita dan Foto : KKN Undip Tim 1 di Desa Kecepak

Editor : Aris Syaefudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here