Kembangkan Usaha Rumahan, Mahasiswa Undip Gelar Workshop Business Model Canvas

Mahasiswa Undip sedang menggelar workshop Business Model Canval di Balai Kelurahan Watesalit Batang, Selasa (12/2/2019).

SIGIJATENG.ID, Batang – Mahasiswa KKN Undip TIM 1 Kelurahan Watesalit Kecamatan Batang Kabupaten Batang memberikan workshop mengenai Business Model Canvas (BMC) untuk membantu ibu-ibu PKK dalam upaya mengembangkan usahanya.  Pelatihan dilaksanakan di balai kelurahan setempat, pada Selasa (12/02/2019).

Pradipta Harish  Bayuwega, salah satu KKN Undip Tim I Kelurahan Watesalit mengatakan workshop Business Model Canvas (BMC) adalah model bisnis yang terdiri dari sembilan blok area aktivitas bisnis yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, mampu memenangkan persaingan, serta sukses dalam jangka panjang. Manfaat dari penerapan Business Model Canvas (BMC) adalah membangun relasi dengan konsumen, meningkatkan penjualan, menghadapi pesaing, memastikan bisnis berjalan, dan memiliki sistem bisnis yang baik.

“Antusias ibu-ibu PKK sangat tinggi menyambut kegiatan ini, karna mereka banyak yang mempunyai usaha rumah tangga namun masih belum bisa membuat strategi dalam pengembangannya,” kata Pradipta.

Ibu-ibu PKK Kelurahan Watesalit merasa senang dengan adanya pelatihan BMC, karena bermanfaat untuk perkembangan usaha mereka dalam memetakan sembilan blok aktivias bisnis.

“Dari kegiatan ini diharapankan dapat meningkatkan potensi penjualan dalam usaha rumahan ibu-ibu PKK di Kelurahan Watesalit,” tambah Pradipta.

Anggota Tim KKN Undip Tim 1 yang lain Beni menambahkan, di Kelurahan Watesalit memang penting dan perlu diadakan kegiatan workshop BMC untuk ibu-ibu PKK yang mempunyai usaha rumahan. Kegiatan ini sekaligus untuk memotivasi ibu-ibu lain yang ingin memulai usaha.

“Ini juga untuk meningkatkan keberagaman usaha yang ada di Kelurahan Watesalit dan untuk menunjang program 1.000 Kewirausahaan di Kabupaten Batang,” katanya. (*)

Berita dan Foto : KKN Undip Tim 1 Kelurahan Watesalit

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here