Inilah Penyebab PSIS Gagal di Piala Presiden 2019

Pelatih PSIS Jafri Sastra saat jumpa pers usai pertandingan Sabtu malam

SIGIJATENG.ID, Megaleng– PSIS Semarang sukses meraih kemenangan 1-0 atas PSM di laga terakhir Grup C Piala Presiden 2019 Sabtu malam (16/3/2019). Namun kemenangan itu, tidak mampu mengantarkan PSIS melaju ke babak delapan besar. Hari Nur dkk finish di posisi ketiga, dibawa Kalteng Putra di peringkat pertama, Persipura di peringkat kedua.

Kegagalan PSIS melaju babak 8 besar karena kalah produktivitas gol. Gol PSIS kalah dengan dua tim di atasnya. Catatan gol PSIS memang minim, PSIS kalah 3-1 dari Persipura, dan menang 1-0 dengan Kalteng Putra dan PSM.

Laga yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, berjalan sengit di awal babak pertama. Duel keras di lini tengah tak terhindarkan.

Sengitnya pertandingan membuat 15 menit awal laga berlalu tanpa peluang berarti dari kedua tim. Ancaman pertama baru lahir pada menit ke-20 untuk PSM. Laga terus berjalan sengit hingga akhir babak pertama, namun tak ada gol yang bisa dilesakkan kedua tim.

Pada babak kedua, Mahesa Jenar lebih agresif lagi dalam menyerang. Tuan rumah mendapat peluang saat bola sepakan bebas Septian David Maulana masih melebar tipis di atas gawang Rivky Mokodompit.

Pada menit 50, Marini Junior punya kans membuka keunggulan PSIS. Namun sepakan kerasnya masih melambung tipis.

Upaya skuat Jafri Sastra untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-81. PSIS dapat hadiah penaltio setelah Rasyid Bakrie melanggar Tegar Infantrie.

Marini maju sebagai eksekutor dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Meski Rivky sebenarnya sudah mampu membaca arah bola.

Mahesa Jenar mampu mempertahankan keunggulan 1-0 ini hingga laga berakhir. Namun hasil ini tak cukup membawa PSIS melaju ke perempat final.

Usai pertandingan, dalam sesi jumpa pers, pelatih PSIS Jafri Sastra menyatakan bersukur tim bisa mengalahkan PSM Makasar. Meski kemangan tersebut tida mengantarkan timnya melaju  babak 8 besar.

“Pemain sudah bermain cukup maksimal tapi masih ada kekurangan-kekurangan dan itu masih wajar karena kami masih lakukan evaluasi terus,” kata Jafri Sastra kepada wartawan.

“Kemenangan ini patut kita syukuri. Kami sebenarnya memiliki rencana lain andai kami menang 3-0 tapi, inilah sepak bola,” ujar Jafri menambahkan.

Kans PSIS memang masih terbuka saat sebelum turun lapangan semalam. Yakni dengan catatan PSIS bisa menang dengan skor minimal  4-0 atas PSM. Namun kenyataanya hanya menang dengan  1-0. (aris)

Susunan Pemain:

PSIS: Jandia Eka Putra; Ganjar Mukti, Wallace Costa, Fauzan F, Soni S; Ibrahim Conteh, Heru, Septian David; Bayu Nu, Hari Nur Yulianto, Marini Junior.

PSM: Rivky Mokodompit; Abdul Rahman, Munhar, Hasim Kipuw, Reva Adi Utama; M. Arfan, Marc Klok, Rasyid Bakri; Saldy, Bayu Gatra, Guy Junio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here