Inilah 10 Amalan Mempercepat Anda Bisa Beribadah Umrah dan Haji

Ka'bah di Mekah (foto sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID – Setiap pribadi muslim sudah seharusnya memiliki keinginan untuk bisa menginjakkan kakinya di Kota Suci Mekah dan dapat melaksanakan ritual ibadah haji ataupun umrah.


Ingatlah kita, sebagi makhluk hidup yang Allah ciptakan untuk tidak boleh berhenti berharap, kita tidak boleh berhenti berusaha dan bermimpi, termasuk bermimpi beribadah ke Tanah Suci. Kuncinya, teruslah berusaha dan berdo’a memohon kepada Allah agar keinginan untuk berangkat ibadah umrah haji terwujud.

Pada dasarnya beribadah haji dan umrah itu mudah.  Allah lah yang memudahkan langkah kita. Mililikilah keyakinan yang kuat untuk bisa beribadah haji dan umrah, dan juga mengetahui cara-caranya.

Inilah 10 tips mempermudah keinginan kita agar bisa beribadah umrah atau haji, diantaranya;.

  1. Perdalamlah Ilmu tentang Haji dan Umrah

Sempatkanlah untuk belajar, baik dengan membaca buku atau bertanya kepada orang yang paham mengenai umrah dan haji. Lalu pelajarilah tata caranya hingga bisa dan lihatlah video tentang manasik dan pelajari atau ikuti manasik dengan baik.


2. Perbanyak Silaturrahmi

Silaturahmi disini adalah bersilaturahmi kepada orang yang sudah pernah pergi haji atau umrah. Pada saat bertemu mereka, manfaatkan untuk bertanya dan berdiskusi tentang bagaimana pengalamannya, ceritanya selama di tanah suci. Pelajari tips-tips orang yang sudah berangkat, tips seputar ibadah haji dan umroh dan lainnya yang terkait. Dengan sering bertemu orang–orang yang sudah beribadah haji atau umrah maka hati dan pikiran kita akan terjaga, kalau kita punya keinganan ke tanah suci.


3. Perbanyak Bersedekah

Bersedakah tidak harus banyak, namun pastinya harus dilakukan dengan hati yang ikhlas bukan karena dipaksa dan terpaksa. Dan diusahakan bisa istiqomah, atau rutin. Kalau bisa harian tentu istimewa, namun setidaknya bisa dilakukan rutin seminggu sekali.

Di dalam Qs. Al-Baqarah ayat 245, berisi tentang janji Allah yang akan melipakgandakan  yang banyak bagi siapa saja yang melakukan sedekah. Salah satu sedekah yang istimewa adalah sedekah di tanah suci, ini bisa dilakukan dengan Anda nitip uang kepada suadara/teman/tetangga yang sedang ibadah haji dan umroh. Memberi sangu kepada orang yang haji/umroh juga salah satu bentuk sedekah yang bagus.


4. Jaga salat lima waktu dengan berjamaah di masjid.

Kalau kita sudah bisa menjaga salat lima waktu kita dengan salat berjamaah di masjid, itu pertanda bahwa kita sudah menomorsatukan Allah. Itu bukti kita kalau kita sudah bisa meninggalkan kesenangan-kesenangan duniawi. Allah segala-segalanya. Dengan menjaga salat lima waktu dengan jamaah di masjid, maka doa doa kita akan mustajab.


5. Datangi Tetangga yang akan Berangkat Umrah dan Haji.  

Jika Anda mendengar sudara, teman, tetangga, kenalan kalau akan berangkat haji atau umrah, sempatkan datang bersilaturahim. Ikut serta dalam mendoakan mereka juga mendoakan diri sendiri agar segera menyusul seperti mereka.


6. Mintalah Doa Kedua Orang Tua

BIsa jadi kita belum ada gambaran kapan berangkat indah umrah dan haji, namun kita perlu minta kepada kepada kedua orang tua kandung kita serta mertua kita, untuk didoakan setiap setelah salat fardhu dan juga salat malam mereka.  Insya Allah doa orang tua itu mustajab.

7. Sinergikan Doa antara Suami dan Istri

Samakan doa suami dan istri dalam setiap berdoa. Bahkan juga doa anak anak. Saling berdoa setelah melaksanakan shalat agar selalu dimudahkan untuk bisa menuju Baitullah. Sebelum berdoa, awal dengan perbanyak membaca Istighfar, tasbih, Hamdallah, takbir, tahlil, dzikir dan sholawat nabi.

8. Pasang Gambar Kabah di Dinding Rumah

Gambar ini hanya untuk sarana mengingatkan kita saja, bahwa kita memiliki keinginan untuk menyempurnakan rukun Islam, yaitu haji umroh.

9. Mintalah Brosur dari Travel Penyelenggara Umrah dan Haji

Brosur ini juga penting. Agar kita punya gambaran biaya yang dibutuhkan. Bahkan alangkah bagusnya, meski uang belum terkumpul semua,  langsung daftar ke biro travel dengan menyerahkan uang DP. Selanjutnya bilang ke travel akan melunasi sambil jalan hingga sebelum jadwal pemberangkatan.

10. Ikhtiar Bekerja Mencari Nafkah yang Halal

Dalam ikhtiar juga jangan lupa minta dimudahkan Allah. Selain ikhtiar  juga berserah dirilah kepada Allah. Karena perintah ibadah haji dan umroh itu merupakan perintah Allah, maka yakinlah Allah yang akan mencukupkan segala sesuatunya.

Jika Allah melihat kita sudah layak untuk diberi rezeki beribadah di tanah suci Insyaallah  semuanya akan Dia permudah. Tiada yang tidak mungkin bagi Allah.


Lakukan amalan doa lepas shalat lima waktu agar dimudahkan rejeki dan bisa pergi ke makkah:

“Ya Allah karuniakan kepada kami rezeki yang luas, halal, baik lagi berkah, dan Engkaulah sebaik-baiknya yang memberikan rezeki.” (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini